Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 15:03 WIB

KPK: Tim Independen Kasus Novel Belum Dibutuhkan

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 18 Mei 2017 | 15:54 WIB
KPK: Tim Independen Kasus Novel Belum Dibutuhkan
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata - (Foto: Inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai saat ini belum dibutuhkan tim indpenden untuk mengusut kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior lembaga antirasuah Novel Baswedan.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menuturkan bahwa hingga saat ini pihaknya mempercayakan pengusutan kasus Novel kepada aparat kepolisian.

"Saya kira, kami percaya dengan Polri. Kami percaya kapasitas Polri untuk mengungkap kasus itu," ucap Alex di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Namun, KPK pun tak menutup kemungkinan dibentuknya tim independen untuk mengusut tuntas perkara yang masih belum menemukan titik terang kasus ini.

"Kalau tim independen, nanti tergantung. KPK sih, sementara ini belum ada untuk membentuk tim independen. Kami tetap percaya ke polisi, tapi kita tetap berkoordinasilah. Informasi apa yang KPK miliki, kami sampaikan ke kepolisian. Nanti perkembangan penyelidikan oleh kepolisian juga disampaikan ke kami, sampai di mana sih," paparnya.

Lebih jauh, Alex mengungkapkan bahwa sampai pada detik ini belum ada rencana dari pemerintah untuk membentuk tim independen kasus Novel.

"Sepertinya belum ada dari pemerintah. Kita tidak bisa juga bilang lamban. Pasti untuk mengungkap suatu perkara itu dibutuhkan alat bukti, meskipun kemarin sudah ada beberapa orang yang dimintai keterangan. Ketika tidak cukup alat bukti, polisi harus profesional juga kan, dilepaskan. Saya kira, terkait alat bukti saja itu. Kami berkoordinasi terus kok dengan kepolisian," jelasnya. [rok]

Komentar

 
x