Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 Juli 2017 | 19:43 WIB

Paulus Klaim Sandipala Mampu Kerjakan Blanko e-KTP

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 18 Mei 2017 | 14:41 WIB
Paulus Klaim Sandipala Mampu Kerjakan Blanko e-KTP
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Sandipala Arthapura Paulus Tannos tak terima perusahaannya disebut tak mampu mengerjakan proyek e-KTP. Sehingga jatah percetakan untuk proyek e-KTP dikurangi.

Paulus mengklaim Sandipala mampu mengerjakan proyek e-KTP. Menurut dia, hal itu sengaja dimunculkan oleh pihak Kemendagri agar perusahaannya tidak mengerjakan semua percetakan blanko e-KTP.

"Sehingga porsi Sandipala dikurangi 103 juta jadi 60 juta, lalu dikurangi jadi 40 juta. Padahal kita mampu, tapi dipersulit," kata Paulus saat memberikan keterangan melalui teleconferrence yang terhubung dengan Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dia menuduh, Diah Anggraini pada saat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kemendagri, menjatuhkan Sandipala dan pencetakan blanko e-KTP, jatuh ke tangan Perum PNRI. Setelah dipegang PNRI percetakan blanko e-KTP kemudian disubkontrakan ke perusahaan lain.

"Diputuskan bu Sekretaris Jenderal, ditahan tagihannya nggak dibayar sama konsorsium. Porsi PNRI diambil pihak lain, disub ke pihak lain ke PT PURA Barutama, ke PT Trisaksi Mustika Grafika. Ini suatu kejanggalan," tuduhnya.

Bahkan kata dia, saat pengurangan jatah pekerjaan pencetakan blanko dibahas, ia tidak diundang. Paulus mengaku tahu soal pengurangan itu dari peserta konsorsium lainnya.

"Rapat yang dipimpin ibu Sekjen yang ada Irman dan Sugiharto dan seluruh anggota konsorsium PNRI. Saya nggak diundang. Risalah rapat saya dapat dari pihak lain," ungkapnya.

Dalam persidangan sebelumnya terkuak bahwa Perum PNRI memang mengalihkan pekerjaan pencetakan blanko ke PT PURA dan PT Trisakti. Pengalihan ini melanggar aturan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah lantaran tanpa seizin Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek e-KTP, yakni Sugiharto. [ton]

 
x