Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 10:58 WIB

Korupsi e-KTP, KPK Hadirkan Adik Gamawan Fauzi

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 18 Mei 2017 | 10:34 WIB
Korupsi e-KTP, KPK Hadirkan Adik Gamawan Fauzi
(Foto: Inilahcom/Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil saksi-saksi untuk dimintai keterangan dalam persidangan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP untuk terdakwa Irman dan Sugiharto.

Saksi itu di antaranya adalah adik mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Azmin Aulia dan Afdal Noverman.

Azman dalam dakwaan disebut sebagai pihak yang menerima uang dari Andi Agustinus alias Andi Narogong senilai USD 2,5 juta untuk diberikan ke Gamawan Fauzi.

Afdal diduga juga dititipi duit oleh Andi Narogong senilai Rp 2 juta untuk pemulusan proyek ini. Gamawan pada persidangan sebelumnya mengaku pernah menerima duit dari Afdal, namun uang itu dimaksudkan untuk pinjaman.

Saksi lainnya adalah mantan biro hukum Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh, Ruddy Indrato Raden, Endah Lestari, Junaidi. Kemudian, Paultar Paruhun Sinambela dan Amilia Kusumawardani Adya Ratman dari pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan.

Yang terakhir dipanggil yaitu Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra, Paulus Tannos. Keterangan Paulus rencananya akan diambil lewat konfrensi jarak jauh atau teleconferrence.

Sandipala adalah anggota konsorsium PNRI. Setidaknya Sandipala mengantongi keuntungan Rp145,8 miliar, sekitar 27 persen dari jatah pekerjaan mereka. Paulus sendiri saat ini diketahui sedang berada di luar negeri. [rok]

Tags

 
x