Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 27 Mei 2017 | 18:42 WIB

Pemerintah Mulai Gratiskan Ongkos Kirim Buku

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 17 Mei 2017 | 22:11 WIB
Pemerintah Mulai Gratiskan Ongkos Kirim Buku
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya memilih membacakan dongeng untuk siswa-siswi SD dan SMA pada perayaan Hari Buku Nasional di halaman utama Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/5) sore.

Tujuan Jokowi mendongengkan cerita nusantara Lutung Kasarung kepada anak-anak ialah melalui kisah itu dirinya ingin menyampaikan bahwa negeri ini kaya cerita di setiap daerahnya.

"Betapa beragamnya dari sisi suku kita, agama kita dan budaya kita yang seperti cerita Lutung Kasarung, Malin Kundang, Sangkuriang hingga Roro Jongrang. Inilah cerita sehingga minat baca anak lebih baik lagi," ujar Jokowi.

Pada kesempatan ini, ia telah meminta Mendikbud Muhadjir Effendi agar cerita daerah ini disebarkan disampaikan kepada anak-anak Indonesia sejak dini.

"Sehingga nilai moral, etika, kesantunan, kejujuran dan keberanian, ada di anak-anak kita karena cerita-cerita yang baik tadi," ucapnya.

Pada kesempatan ini, Jokowi turut menyampaikan janji pemerintah yang pernah disampaikan kepada para pegiat literasi bahwa setiap bulan ada satu hari yang menggratiskan biaya pengiriman buku ke seluruh pelosok tanah air lewat kantor pos.

"Pada bulan ini tanggal 20 dan setiap bulannya tanggal 17. Jangan kebalik. Jadi, bulan ini tanggal 20 karena itu hari kebangkitan nasional dan setiap bulannya tanggal 17. Ini kami harapkan akan memperkuat minat baca anak-anak kita karena buku sampai ke daerah itu bisa lebih murah. Kita tahu ongkos kirim buku dari desa ke kota dari Pulau Jawa ke luar lebih mahal dari harga bukunya," jelasnya.[jat]

Tags

 
Embed Widget

x