Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 02:04 WIB

Kemenkumham belum Putuskan Sanksi Napi yang Kabur

Oleh : - | Senin, 15 Mei 2017 | 21:13 WIB
Kemenkumham belum Putuskan Sanksi Napi yang Kabur
Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Dewa Putu Gede - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Pekanbaru - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau belum memastikan sanksi tambahan berupa penghapusan remisi bagi tahanan dan narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Sialang Bungkuk, Pekanbaru.

"Sanksi tambahan kita lihat saja nanti, kalau dihilangkan remisi itu sampainya ke kerugian negara juga. Kami (harus) berikan makan. Dilematis, hal itu," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Dewa Putu Gede di Pekanbaru, Senin (15/5/2017).

Mengenai sanksi internal, lanjut dia, ada hak-hak tahanan dan napi yang sebagian akan dihilangkan sesuai dengan aturan. Akan tetapi, jika masalahnya dianggap sudah sangat luar biasa, baru akan dikeluarkan penghilangan remisi.

"Kalau tidak untuk apa? Rugi negara ini. Bukannya kami memanjakan napi, tapi ini untuk menjadikan warga yang berjati diri yang baik dan bertanggung jawab," lanjutnya.

Dia mengatakan saat ini narapidana dan tahanan ada sekitar 1.300 lebih dari awalnya 1.800 lebih. Pada Jumat (5/5) lalu kabur sekitar 448 dan sudah ditangkap dan menyerahkan diri 324 orang dan yang masih buron sebanyak 124 tahanan. Sebagian tahanan kabur yang tertangkap juga telah dipindah ke lembaga pemasyarakatan lain di Riau. [tar]

Tags

Komentar

 
x