Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 Juli 2017 | 01:44 WIB

Pemerintah Diminta Buktikan HTI Anti Pancasila

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 14 Mei 2017 | 08:29 WIB
Pemerintah Diminta Buktikan HTI Anti Pancasila
Politikus PKS Nasir Djamil - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah berencana membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena dinilai punya ideologu yang melanggar konstitusi, Pancasila, dan UUD 1945.

Menanggapi hal ini, Politikus PKS Nasir Djamil meminta, pemerintah tidak hanya berbicara dan berargumentasi. Melainkan menyiapkan bukti-bukti atas tuduhan tersebut.

Bukti-bukti itu, kemudian dihadirkan di muka persidangan dan diuji apakah memang benar adanya HTI anti Pancasila. Sebab, Pengadilan menjadi tempat perdebatkan secara terbuka apakah HTI anti pancasila.

"(kalau) sudah ada kajian-kajian (pasti) bukti-bukti itu di tangan pemerintah dan saya berharap jangan lama lama (diselesaikan)," kata Nasir pada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (13/5/2017).

Menurut dia, apabila pemerintah berlama-lama menyelesaikan permasalahan tersebut, maka diyakini akar masalah akan bergeser dari semula. Yakni permasalahan dalam hukum.

Namun begitu, dia menolak berkomentar saat ditanya apakah ideologi HTI menyimpang seperti tuduhan pemerintah. "Apakah ormas itu sesuai dengan yang dituduhkan pemerintah atau tidak biar lah pengadilan yang memeriksa," ujar dia.

Pemerintah diketahui akan membubarkan HTI. Alasannya adalah, kegiatan yang dilaksanakan terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Selanjutnya, aktifitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

HTI sendiri membantah semua yang dituduhkan pihak pemerintah. Mereka meminta pemerintah membuktikan apa yang menjadi tuduhan terhadap HTI. [ind]

 
Embed Widget

x