Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 30 Mei 2017 | 01:59 WIB

Pemerintah Diminta Tidak Hanya Fokus Bubarkan HTI

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 14 Mei 2017 | 06:07 WIB
Pemerintah Diminta Tidak Hanya Fokus Bubarkan HTI
Politikus PPP Syaifullah Tamliha - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah berencana membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena dinilai punya ideologi yang melanggar konstitusi, Pancasila, dan UUD 1945.

Menanggapi hal ini Politikus PPP Saifullah Tamliha mengatakan, pemerintah tidak hanya fokus pada pembubaran saja. Namun juga memperhatikan jalan keluar kedepan bagi anggota HTI yang jumlahnya cukup banyak.

"Jadi kalo perkara membubarkan itu masalah gampang. Tapi pembubaran itu masih ada konsekuensinya bagaimana mengembalikan idiologi kadaernya ke rel yang benar," kata Sifullah pada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (13/5/2017).

Sebab, tegas dia, anggota HTI adalah rakyat Indonesia yang juga harus mendapatkan bimbingan dan arahan dari pemerintah. Sebab, apabila tidak dicarikan solusi, pembubaran itu akan menimbulkan masalah baru.

"Dan bagaimana bentuknya jangan cuma bisa membubarkan tanpa ada solusi. Kaya dulu misalnya presiden Soeharto membubarkan PKI nah kemudian beliau ada solusinya," papar dia.

Dalam kesempatan ini dia mengatakan, seharusnya pemerintah sejak awal melakukan pembinaan terhadap organisasi masyarakat. Termasuk Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Menurut mantan anggota DPR ini, apabila itu dilakukan oleh pemerintah diyakini masalah ini tidak akan terjadi lagi dikemudian hari.

"Menurut saya setiap organisasi semacam HTI atau organisasi sejenis lainnya itu perlu mendapatkan pembinaan oleh Menteri Dalam Negeri," papar dia.

Pemerintah diketahui akan membubarkan HTI. Alasannya adalah, kegiatan yang dilaksanakan terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Selanjutnya, aktifitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

HTI sendiri membantah semua yang dituduhkan pihak pemerintah. Mereka meminta pemerintah membuktikan apa yang menjadi tuduhan terhadap HTI. [ind]

 
x