Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 17:38 WIB

Pilgub Jabar, PDIP Susun Skenario Pemenangan

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 13 Mei 2017 | 16:54 WIB
Pilgub Jabar, PDIP Susun Skenario Pemenangan
Ketua DPD PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin, - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jabar - Dua skenario politik terkait Pemilihan Gubernur Jawa Barat tengah disiapkan DPD PDI Perjuangan Jawa barat. Yakni mengusung calon gubernur atau wakil gubernur tanpa berkoalisi dengan partai lain.

"Karena hanya PDIP lah partai politik yang bisa mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi mengingat jumlah kursi dilegislatifnya memenuhi syarat pengusungan calon yakni memiliki 20 kursi di DPRD Jawa Barat," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin, di Bandung, Sabtu (13/5/2017).

Skenario politik kedua yang akan dijalankan oleh PDIP pada Pilgub Jawa Barat 2018, menurut dia, adalah berkoalisi dengan partai lainnya yakni calon gubernur Jabar-nya dari PDIP dan calon wakil gubernurnya bukan dari partai ini.

"Namun ini semua sedang digodok oleh kami dan yang akan menentukan itu DPP," ungkapnya.

PDIP, katanya, sebagai partai politik modern memiliki mekanisme tentang penjaringan dan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah diatur melalui peraturan partai.

Dalam aturan partai, telah diatur penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dilaksanakan sekurang-kurangnya 12 bulan sebelum batas akhir pendaftaran calon sebagaimana diputuskan KPU provinsi dan kabupaten/kota.

DPD pada tanggal 20 Mei hingga 6 Juni 2017 akan melaksanakan tahapan penjaringan secara terbuka dan serentak di Kantor DPD PDIP Jawa Barat dan di 16 DPC kabupaten/kota untuk kader/non kader yang ingin mendaftarkan diri sebagai bakal cagub/cawagub.

"Usai tahapan penjaringan dan verifikasi, DPD partai akan melaksanakan survei dan pemetaan politik. Hasil survei dan pemetaan politik tersebut merupakan salah satu dasar DPD PDIP dalam melakukan tahapan penjaringan untuk diserahkan nama-nama bakal calon kepala daerah dan wakilnya kepada DPP," tandasnya.

 
x