Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:57 WIB

KPK Bisa Jadikan Audit BPK Acuan Ungkap SKL BPPN

Oleh : Willi Nafie | Jumat, 12 Mei 2017 | 21:43 WIB
KPK Bisa Jadikan Audit BPK Acuan Ungkap SKL BPPN
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Setelah KPK kembali mengungkap kasus pemberian Surat Keterangan Lunas (SKL) terhadap para obligor BLBI yang ikut dalam Perjanjian Kewajiban Pemegang Saham (PKPS) oleh KPK ternyata ditemukan fakta menarik.

Menurut audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) 30 November 2006, BPK menyatakan proses pemberian SKL clear tidak ada masalah.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Kepolisian dan Penegakan Hukum Alfons Loemau mengatakan, hasil audit BPK itu harus menjadi acuan bagi KPK. Mengingat lembaga tinggi negara itu bekerja berdasarkan amanat Undang-Undang, secara resmi mengatakan kebijakan pemberian SKL tidak bermasalah.

"Kalau itu tidak dijadikan acuan, buat apa ada BPK, pasal 23 ayat 1 dikatakan tugas BPK adalah untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Negara. Dan hasil pemeriksaan BPK dilaporkan dan ditindaklanjuti oleh lembaga perwakilan seperti aparat penegak hukum Kejaksaan Agung, Kepolisian dan KPK," kata Alfons, lewat siaran pers yang diterima INILAHCOM, Jumat (12/4/2017).

Dia menjelaskan, audit BPK diadakan untuk pemeriksaan atas laporan pelaksanaan tugas BPPN ( Badan Penyehatan Perbankan Nasional). Pemeriksaan atas PKPS yang bertujuan untuk menilai kepatuhan pada peraturan, kebijakan pemerintah serta perjanjian yang telah disepakati, kewajaran jumlah kewajiban pemegang saham yang telah ditetapkan, efektvitas pengalihan dan pengelolaan aset eks Pemegang Saham Pengendali dan penyelesaian akhir PKPS.

Untuk itu, lanjut Alfons, BPK adalah lembaga yang memiliki tupoksi sebagai auditor untuk memeriksa keuangan Negara,dan hasil auditnya bisa menjadi temuan awal untuk mengungkap ada atau tidaknya perkara korupsi. Demikian pula sebaliknya jika audit pelaksanaan tugas BPPN dalam menjalankan kebijakan pemberian Surat Keterangan Lunas BPK clear dan tidak ada masalah.

"Maka harus menjadi acuan, kalau diabaikan itu sama dengan tindakan gegabah," pungkasnya. [ton]

Tags

Komentar

 
x