Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 04:12 WIB

Fadli Zon Nilai Putusan Vonis Ahok Tanpa Tekanan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 9 Mei 2017 | 19:48 WIB
Fadli Zon Nilai Putusan Vonis Ahok Tanpa Tekanan
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selama 2 tahun penjara tidak ada tekanan dari siapa pun. Menurut dia, vonis itu sudah sangat independen yang dilakukan majelis.

"Kenyataannya adalah majelis hakim bisa berlaku independen. Apakah ada usaha atau tidak terhadap itu saya kira sudah selesai," kata Fadli di Gedung DPR, Selasa (9/5/2017).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan apa yang telah diputuskan pengadilan harus dihormati, kemudian harus diakui putusan tersebut sebagai satu keputusan hukum yang bisa mewakili rasa keadilan masyarakat.

"Menurut saya, meski tuntutan jaksa dibawah itu tapi majelis hakim saya kira telah mengambil satu dasar yang kuat berdasarkan fakta persidangan sehingga memutuskan vonis 2 tahun penjara. Saya melihat putusan ini adalah putusan yang mewakili rasa keadilan masyarakat dan juga sesuai fakta-fakta hukum persidangan," ujarnya.

Ia berharap kasus yang menimpa Ahok ini bisa menjadi satu pelajaran yang berharga bagi siapa pun warga negara Indonesia tidak boleh melakukan suatu tindakan penistaan agama, baik itu agama Islam, kristen, hindu, budha dan agama lainnya yang diakui.

"Ini juga jadi pelajaran berharga bahwa sebagai pejabat publik kita tidak boleh melakukan hal-hal yang bisa menyinggung banyak kelompok, golongan yang sangat sensitif apalagi persoalan agama," tandasnya. [ton]

 
Embed Widget

x