Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 01:59 WIB

Ratusan Tahanan Kabur

Menkumham Tunggu Rekomendasi Copot Kakanwil Riau

Oleh : - | Minggu, 7 Mei 2017 | 14:54 WIB
Menkumham Tunggu Rekomendasi Copot Kakanwil Riau
Menteri Hukum dan Hak Asazi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Pekanbaru - Menteri Hukum dan Hak Asazi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly masih menunggu rekomendasi dari pihak Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham untuk mencopot Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Ferdinand Siagian terkait kaburnya 448 tahanan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pekanbaru, Jumat (5/5).

"Pimpinan bukan tidak tahu tapi sengaja dibiarkan. Kalau Kakanwil dicopot ada penelitian dari direktorat jenderal. Dirjen yang kasih rekomendasi, kita ada tahapan," kata Menkumham Yasonna Laoly usai meninjau Rutan Kelas IIB Pekanbaru, Minggu (7/5/2017).

Sebelumnya pada Sabtu (6/5) Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham menyampaikan pencopotan kepala rutan. Namun saat kunjungan, Menkumham belum mengkonfirmasi apakah akan mencopot Kakanwil Riau.

Yasonna mengatakan saat ini pihaknya ingin fokus kepada pembenahan lapas dan itu haru dilaksanakan oleh Karutan yang baru.

"Terutama ruang transit saya minta dibuat proposional jumlahnya agar jangan menjadi alat peras. Untuk geser ada tarifnya, pindah dari blok B dan C, ada tamu, telepon semua ada tarifnya. Rp1 juta atau lebih tinggi," ungkapnya.

Dia mengatakan, tahanan yang kabur dan kembali ditangkap tidak dapat remisi, sehingga diharapkan para tahanan yang masih berkeliaran di luar lebih bagus kembali. Untuk pelaku kerusuhan yang mendobrak pintu rutan akan diperiksa dan dicari otak pelakunya karena seperti direncanakan dengan sangat matang, seperti dilakukan saat sedang Shalat Jumat.

Sampai saat ini dia juga melaporkan bahwa yang lari lebih dari 400 orang dan 179 yang belum kembali. Di antara yang kembali itu banyak juga yang menyerahkan diri melalui keluarga.

"Kami berharap yang masih di luar untuk kembali daripada ditangkap dan dikejar sama polisi lebih baik menyerahkan diri," ucapnya.[jat]

Tags

 
x