Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 09:00 WIB

Ratusan Tahanan Kabur

Menkumham Tinjau Lapas Sialang Pekanbaru

Oleh : - | Minggu, 7 Mei 2017 | 12:07 WIB
Menkumham Tinjau Lapas Sialang Pekanbaru
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Pekanbaru - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly meninjau Rumah Tahanan Kelas IIB Sialang Bungkuk Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kunjungan ini dilkukan terkait kaburnya 442 tahanan pada Jumat (5/5).

"Nanti saja ya," kata Yosonna ketika melewati awak media di Rutan Kelas IIB Pekanbaru di Pekanbaru, Minggu (7/5/2017)

Yasonna datang didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau Ferdinand Siagian. Yasonna terlihat datang memakai kemeja putih dan penutup kepala seperti koboi.

Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Pekanbaru Kompol Indra Sakti mengatakan kedatangan menkumham untuk meninjau dan negosiasi dengan para tahanan.

Menurut dia, kedatangan menteri hanya sebentar.

Sebelumnya, 442 tahanan kabur setelah mendobrak salah satu pintu rutan setinggi tiga meter.

Pada Sabtu (6/7), Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM telah datang ke Rutan Pekanbaru. Pada saat itulah akhirnya diumumkan bahwa jumlah tahanan yang kabur sesungguhnya 442 orang.

Dalam kesempatan itu, dinyatakan juga oleh dirjen tentang pencopotan Kepala Rutan Kelas IIB Pekanbaru.

Hasil keterangan yang didapat dari para penghuni rutan yang sudah diamankan kembali, bahwa akar permasalahan tersebut adanya pungli terhadap narapidana. Narapidana tidak mendapatkan pelayanan yang baik.

Selain itu, terjadi penganiayaan terhadap narapidana, fasilitas kesehatan yang kurang memadai, kesempatan beribadah yang dibatasi, jam besuk dibatasi dan apabila ditambah harus membayar kepada petugas, serta perlakuan petugas rutan yang tidak etis.[jat]

Tags

 
x