Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 Juli 2017 | 01:37 WIB

Hanura Tetap Kirim Nama ke Pansus Angket KPK

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 5 Mei 2017 | 19:34 WIB
Hanura Tetap Kirim Nama ke Pansus Angket KPK
Sekretaris Fraksi Partai Hanura DPR, Dadang Rusdiana - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Fraksi Partai Hanura DPR, Dadang Rusdiana mengatakan pihaknya tetap konsisten mendukung hak angket KPK yang diusulkan oleh anggota Komisi III. karena menurut dia, itu sesuai aturan undang-undang.

"Untuk itu sesuai ketentuan Pasal 201 ayat (2) UU Nomor 17 Tahun 2014 (MD3), maka tentu kami akan mengirimkan anggota kami kedalam Pansus," kata Dadang, Jumat (5/5/2017).

Namun, Dadang memohon kepada rakyat Indonesia untuk memahami bahwa partainya sedikit pun tidak dalam konteks menekan KPK atau proses peradilan kasus dugaan korupsi e-KTP yang sedang disidang.

"Penyidikan silahkan terus berlangsung, proses peradilan juga harus berlangsung tapi kinerja KPK tetap harus kita awasi agar sejalan dengan UU Nomor 30 Tahun 2002," ujarnya.

Menurut dia, hak angket KPK ini tidak ada urusan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena, tidak setiap penggunaan hak angket DPR ditujukan pada pemerintah yang disebutkan dalam Pasal 79 ayat (3) UU MD3.

"Hak angket adalah hak penyelidikan yang dilakukan DPR terhadap pelaksanaan undang-undang dan atau kebijakan Pemerintah. Jadi yang kita soroti hanya pelaksanaan UU tentang KPK, bukan berkenaan dengan Presiden," tandasnya. [ton]

 
x