Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 00:38 WIB

KemenPAN-RB Godok Mekanisme Penilaian Kinerja PNS

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 5 Mei 2017 | 18:32 WIB
KemenPAN-RB Godok Mekanisme Penilaian Kinerja PNS
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sedang mengkaji soal mekanisme atau tata cara untuk melakukan penilaian kinerja terhadap pegawai negeri sipil yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Asdep Pengembangan Kompetensi dan Kinerja SDM Aparatur Kemenpan-RP, Otok Kuswandaru mengatakan penilaian sifatnya sangat terbuka dalam suatu organisasi. Bahkan, pihaknya akan menggodok apakah dimungkinkan penilaian itu secara nasional.

"Artinya, ada dokumen atau sistem informasi berisi tentang seluruh PNS atau dunia. Kenapa dunia? Karena dunia ada PNS KBRI di seluruh negara," kata Otok di kantornya, Jumat (5/5/2017).

Menurut dia, selama ada PNS di situ maka harus ada database mengenai hasil penilaian. Karena database hasil penilaian itu adalah memiliki prinsip arsip yang aktif mulai dia aktif jadi PNS sampai pensiun.

"Untuk penilaian nanti ada pengaturannya, secara prinsip dilakukan oleh atasannya langsung walaupun dalam konsep yang kita akan luncurkan adalah atasan langsung dapat dibantu oleh tim penilai kinerja instansi," ujarnya.

Ia menjelaskan tentu saja tata cara penilaian akan berbeda antara penilaian jabatan pimpinan tinggi, penilaian jabatan administrasi dan penilaian jabatan fungsional. Menurut dia, secara prinsip cara penilaian ini sama tapi mekanisme teknisnya bisa berbeda.

"Kita harus bedakan secara prinsip penilaian itu harus satu tahun sekali, tetapi penilaian bisa dilakukan upaya-upaya pemantauan dan pengukuran. Ini hal biasa, semua memantau langsung penilaian target kinerja," tandasnya. [ton]

Tags

 
Embed Widget

x