Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 13:42 WIB

Hujan Lebat, Bogor Dilanda Longsor dan Banjir

Oleh : - | Senin, 1 Mei 2017 | 22:00 WIB
Hujan Lebat, Bogor Dilanda Longsor dan Banjir
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Hujan lebat disertai kilat dan petir yang melanda Kota Bogor, Jawa Barat dilaporkan menyebabkan terjadinya longsor dan banjir limpasan di sejumlah lokasi.

Adapun hujan lebat disertai kilat dan petir melanda wilayah Kota Bogor. Hujan yang mengguyur mulai pukul 15.30 WIB itu berlangsung selama hampir 1,5 jam.

Selain menyebabkan longsor dan banjir limpasan, petir juga menyambar MCB listrik minimarket di Laladon hingga terjadinya kebakaran.

Tim asesment BPBD Kota Bogor melaporkan kejadian longsor terjadi di RT 04/RW 06 Ciheuleut, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah. Bahkan, longsor ini menyebabkan salah satu talud pembatas tebingan TPU roboh.

"Talud setinggi delapan meter, ambruk akibat longsor," kata anggota BPBD Kota Bogor, Djaya Thoha, Senin (1/5/2017).

Djaya memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Talud atau tembok pembatas TPU ambruk tidak mengenaik pemukiman ataupun fasilitas umum.

Longsor berkutnya terjadi di Kampung Ceger, RT 03/RW 05 Kelurahan Tegal Gundi, Kecamatan Bogor Utara. Akibanya dua rumah warga atas nama Endang dan Enjay terancam ambruk.

"Masing-masing rumah dihuni lima jiwa, terdapat satu balita dan anak sekolah," katanya.

Menurut Djaya, lokasi longsor yang mengancam rumah warga sudah dilakukan upaya pemasangan terpal untuk menghindari terjadi pergerakan tanah apabila turun hujan.

Sementara itu, dilaporkan pula terjadi banjir limpasan di wilayah RT 03/RW 13, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal. Banjir limpasan diduga akibat meluapnya air drainase di Jl Sholeh Iskandar yang sedang dibangun proyek Tol BORR.

"Banjir limpasan mengakibatkan rumah milik salah satu warga bernama Ujang mengalami retak-retak, serta kamar tidur mengalami penurunan tanah sekitar 30 cm. Banjir limpasan setinggi lutut orang dewasa," jelasnya.

Hingga pukul 20.46 WIB, tim asessment BPBD Kota Bogor juga melaporkan tembok kebun milik warga dan tembok parkir mobil sekolah Bina Insani di RT 03/RW 07, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, jebol setelah diterjang banjir limpasan.

"Tembok jebol karena tidak kuat menahan beban air yang melimpah dari Jl Sholeh Iskandar," pungkasnya. [rym]

Komentar

 
x