Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 09:59 WIB

PDIP Dinilai Sulit Tak Ketergantungan dengan Mega

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 30 April 2017 | 08:00 WIB
PDIP Dinilai Sulit Tak Ketergantungan dengan Mega
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai PDI Perjuangan akan terus ketergantungan dengan sosok Megawati Soekarnoputri, meskipun nantinya telah tak menjabat lagi sebagai ketua umum.

Hal ini dikarenakan sosok Megawati merupakan figur di dalam partai yang peranannya berbeda dengan ketua umum yang hanya bersifat administratif secara politik.

"Harus dibedakan antara figur dengan ketua umum. Figur itu sesuatu yang melekat di dalam partai, seperti ruhnya. Mega bak ruh dari PDIP. Mereka itu harus selalu terbiasa figurnya, Bu Mega. Ketua umum kan, sifatnya administratif dari segi politik. Figur Mega masih dominan.

PDIP akan terus ketergantungan dengan Mega," ujar Ray kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (29/4/2017).

Meskipun PDIP nantinya akan tetap berada di bayang-bayang figur Megawati setelah lengser dari ketua umum, namun ia meyakini pengelolaan partai akan sepenuhnya dijalankan oleh kepemimpinan baru.

"Figur kan, belum tergantikan oleh Mega. Akan tetapi, nantinya tentu yang mengelola bukan dia tapi ketua umum. Di situlah perpaduan figur dan manajemen kepemimpinan. Sama seperti Soeharto dengan Golkar, itu figur ketuanya bukan dia. Memang susah menghilagkan figur itu dari partai," tandasnya. [rym]

 
x