Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 13:22 WIB

Kepenatan Sinyal Mega Siapkan Pewaris Tahta PDIP

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 30 April 2017 | 05:00 WIB
Kepenatan Sinyal Mega Siapkan Pewaris Tahta PDIP
Pengamat politik LIPI Siti Zuhro - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pernyataan Megawati Soekarnoputri yang berulang kali mengungkapkan kepenatannya bergelut di dunia politik dalam berbagai kesempatan, dinilai sebagai sinyal telah adanya calon kuat yang akan menggantikannya di kursi ketum PDIP.

Pengamat politik LIPI Siti Zuhro menilai sikap Megawati yang diungkapkan Megawati menandakan bahwa puteri Proklamator RI, Soekarno itu telah menyiapkan pewaris tahta yang besar kemungkinan berasal dari keluarganya.

"Ya, mungkin di internal sudah ada yang mulai digadang-gadang. Tidak menutup kemungkinan seperti itu. Mungkin sudah disiapkan putera atau puteri mahkotanya," ujar Siti kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (29/4/2017).

Adapun sosok dari keluarga yang paling berpeluang menggantikan Megawati sebagai ketum PDIP, adalah Prananda Prabowo dan Puan Maharani yang merupakan dua anak kandung Presiden RI Ke-5 itu.

Namun, Siti menyayangkan belum dimunculkannya nama Prananda sebagai politikus kepada publik hingga saat ini, jika berpeluang menggantikan sang ibu memimpin partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Prananda ini enggak dimunculkan ke publik sama sekali. Kita tidak tahu sosoknya seperti apa. Mengapa tidak dimunculkan sebagai sekjen atau apa di dalam partai? Memang nama Prananda ini banyak disebut publik sebagai puteranya Mega tetapi tidak sebagai politisi atau kader. Menurut saya ini perlu dipertanyakan," katanya.

Sementara itu, posisi Puan Maharani secara politik dinilai lebih unggul daripada Prananda. Terlebih, saat ini Puan tengah menduduki salah satu jabatan menteri di pemerintahan Jokowi-JK.

"Nah, kita lihat ini yang dimunculkan malah Puan Maharani. Akan tetapi, masih bisa saja Prananda kalau memang ditunjuk (menjadi ketua umum PDIP). Kita enggak tahu jadinya nanti apakah Puan atau Prananda yang menggantikan Mega," tandasnya. [rym]

Komentar

 
x