Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 01:58 WIB

Buronan Begal Ditangkap Saat Santai di Rumahnya

Oleh : - | Selasa, 25 April 2017 | 20:18 WIB
Buronan Begal Ditangkap Saat Santai di Rumahnya
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Pasuruan - Anggota Polres Pasuruan menangkap seorang pelaku begal yang beroperasi di Dusun Krikilan, Desa Kedung Pengaron, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan pada Oktober 2016 lalu. Ketika itu pelaku merampok mobil Toyota Avanza bernopol W 1984 RM.

Pelaku bernama Zainal Abidin (31), warga Dusun Krajan, Desa Kemayoran, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan itu terhenti setelah tempat persembuyianya diendus oleh Tim Buser Sat Reskrim Polres Pasuruan.

"Kami mendapat informasi bahwa pelaku baru tiba dari luar kota. Dan kemudian bersembunyi di dalam rumahnya. Dari situlah kami langsung bergerak cepat untuk menggerebek dan menangkap pelaku di dalam rumahnya tersebut," ujar Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Khoirul Hidayat, Selasa (25/4/2017).

Saat diperiksa oleh polisi, Zainal membenarkan kalau dirinya telah melakukan aksi pencurian dengan kekerasan (curas) mobil hanya 1 kali di wilayah Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan yang dilakukannya bersama dengan 4 rekannya.

"Modus pelaku saat menjalankan aksinya yaitu dengan cara berpura-pura menyewa jasa carter mobil beserta dengan sopirnya di wilayah Sidoarjo, yang selanjutnya pelaku minta antar ke wilayah Kejayan-Pasuruan, di tengah-tengah area hutan di wilayah Kejayan pelaku minta berhenti untuk berpura-pura kencing, dan ketika pelaku keluar dari mobil, 4 rekannya yang sudah menunggu langsung mengeroyok korban/sopir saat di dalam mobil," jelasnya.

Selanjutnya, korban dibawa dan diturunkan ke tempat yang jauh dan sepi di wilayah Pandaan, lalu yang terakhir dengan mengancam korban, jika korban sampai melapor ke polisi maka korban akan dibunuh.

"Pada waktu penggerebekan di rumahnya, pelaku berusaha melawan petugas dengan cara melarikan diri, namun dari pihak kami langsung melakukan pengejaran, dan langsung berhasil kami tangkap," tandasnya.

Atas perbuatannya, Zainal mendekam di dalam Jeruji Besi Tahanan Polres Pasuruan. Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. [beritajatim]

Komentar

 
x