Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 01:05 WIB

Siap-siap Reshuffle Menteri Menyasar PKB dan PPP

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 24 April 2017 | 03:20 WIB
Siap-siap Reshuffle Menteri Menyasar PKB dan PPP
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Evaluasi kinerja menteri dalam tim Kabinet Kerja jilid II tampaknya akan memasuki tahap akhir. Presiden Jokowi diyakini bakal merombak komposisi menteri yang ada saat ini.

Selain alasan kinerja, imbas politis dari Pilkada Jakarta dipercaya menjadi salah satu alasan reshuffle perlu dilakukan. Lalu siapakah yang akan ditendang dari kabinet.

"Bisa saja PKB dan PPP yang mendapatkan penggalan pertama pada reshuffle kabninet," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio kepada INILAH.COM, Minggu (23/4/2017).

Kedua partai tersebutm dianggao tidak loyal kepada pemerintahan Jokowi. Pilkada Jakarta jadi standar penilaiannya. Dimana keduanya baru sejalan dengan intuisi politik Jokowi mendukung Ahok-Djarot diputaran kedua gelaran Pilkada Jakarta.

"Keduanya menunjukkan loyalitasnya tidak pada perorangan tapi lebih kepada kekuasaan. pada saat dia merasa bahwa Agus bisa menang dia dukung. tapi saat dia merasa Ahok menang kemudian dia mendukung Ahok," ungkapnya.

Sikap inilah, yang menurut Hendri bakal menjadi dasar penilaian Jokowi untuk me-reshuffle kabinetnya dalam waktu dekat. Diketahui saat ini baik PKB maupun PPP punya kursi menteri dikabinet kerja, dengan komposisi PKB tiga dan PPP satu.

Sinyal reshuffle Kabinet Kerja jilid III semakin kuat setelah Jokowi sendiri yang menyinggung soal kemungkinan mengganti menterinya. Alasannya standar, Jokowi tidak mau jika menterinya tidak sanggup diberi target kerja.

Komentar

 
x