Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 18:12 WIB

Libur Panjang, Polisi Antisipasi Jalur Wisata

Oleh : - | Minggu, 23 April 2017 | 01:01 WIB
Libur Panjang, Polisi Antisipasi Jalur Wisata
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Mojokerto - Satlantas Polres Mojokerto mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan di wilayah hukum Polres Mojokerto menyusul libur panjang peringatan Isra Mi'raj Nasi Muhammada SAW, Senen (24/4/2017). Tercatat, ada tiga titik rawan kemacetan di By Pass Mojokerto serta jalur wisata.

Kanit Patroli, Satlantas Polres Mojokerto, Iptu Agus Sugiharto mengatakan, ada tiga titik kemacetan di sepanjang jalur nasional tersebut.

"Yang perlu diantisipasi yakni Simpang Empat Mertex, Simpang Lima Kenanten dan Simpang Empat Trowulan," ungkapnya, Sabtu (22/4/2017).

Agus mengatakan, di tiga titik rawan kemacetan tersebut pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas, pengaturan secara manual. Yakni pengaturan langsung oleh personel polisi dan pengaturan manual traffic light, saat kendaraan yang melintas meningkat drastis. Dengan tujuan untuk mengurai kemacetan.

"Yakni dengan pengaturan lampu lalu lintas menggunakan pola 3-2-1 dan diprioritaskan jumlah kendaraan yang melintas paling banyak. Artinya, durasi lampu hijau kendaraan dengan antrian paling banyak diperpanjang tiga kali lipat, kemudian dari arah lainya dua kali lipat," katanya.

Sedangkan yang tidak terlalu banyak, lanjut Kanit, yakni durasi waktunya normal 43 detik. Pantauan kendaraan di Simpang Lima Kenanten, By Pass Mojokerto, Sabtu petang terpantau mengakami meningkat hampir 40 persen. Terutama kendaraan dari Surabaya yang menuju Jombang dan Madiun.

"Sejak pukul 15.00 WIB, kendaraan dari Surabaya arah Jombang, permenit mencapai 500 kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Kalau hari libur biasa, rata rata permenit hanya sekitar 200 kendaraan saja. Sedangkan kendaraan dari Arah Jombang, menuju Surabya, cenderung lebih sedikit," ujarnya.

Selain tiga titik rawan kemacetan tersebut, pihaknya jalur-jalur wisata juga diwaspadai karena rawan laka lantas. Selain jalan sempit, juga banyak tanjakan dan turunan tajam. Seperti di jalur wisata mulai Pacet arah Batu, Malang banyak tanjakan dan turunan tajam. Di sepanjang jalur ini disiagakan 35 personel polisi.

"Diperkirakan, perningkatan kendaraan yang melintas selama long weekend ini terjadi pada Sabtu sore terutama dari arah Surabaya menuju Jombang. Arus balik diperkirakan terjadi pada Senin malam. Sedangkan di jalur dan lokaso wisata, peningkatan diperkirakan pada hari Minggi - Senin besok," jelasnya.[beritajatim]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x