Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 10:45 WIB

Kemenangan Anies Karena Kantong Suara Ahok Menurun

Oleh : Fadhly Zikry | Sabtu, 22 April 2017 | 12:14 WIB
Kemenangan Anies Karena Kantong Suara Ahok Menurun
Pengamat politik dari Polmark Eep Saefullah Fatah - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik dari Polmark Eep Saefullah Fatah menyebut beberapa faktor kemenangan Anies-Sandi dan faktor kekalahan Ahok-Djarot dalam Pilgub DKI putaran kedua. Salah satunya karena kantong suara Ahok yang menurung.

"Kantong Ahok partisipasi cenderung turun, sementara kantong Anies partisipasi naik," kata Eep dalam diskusi Polemik, di Cikini, Sabtu (22/4/2017),

Sebelumnya dia menyebut, penyebab kekalahan Ahok-Djarot karena pemilih Ahok terkarantina dan tidak bisa menjangkau pemilih baru.

"Kemudian putaran kedua jauh lebih intens dari putaran pertama krena rentang waktu lebih pendek," ujarnya.

Eep juga menyebut Anies-Sandi diuntungkan dengan aksi-aksi bagi sembako oleh relawan Ahok-Djarot saat masa tenang kampanye. Pasalnya 28 persen warga DKI yang belum memutuskan memilih dalam survei, akhirnya mendukung pasangan Anies-Sandi sehingga suara Anies naik signifikan.

Pada putaran pertama, Ahok unggul disejumlah wilayah di Ibukota salah satunya di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Kepulauan Seribu dan Jakarta Barat. Namun dalam putaran kedua, Ahok unggul di Jakarta Utara, sedangkan wilayah lainnya dimenangkan Anies.[jat]

Komentar

 
x