Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 04:57 WIB

KPK Sesalkan Pemberian CMB Andi Mallarangeng

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 21 April 2017 | 22:42 WIB
KPK Sesalkan Pemberian CMB Andi Mallarangeng
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menpora Andi Zulkarnaen Mallarangeng bebas dari hukuman penjara di Lapas Sukamiskin, Jawa Barat. Andi dapat menghirup udara bebas setelah mendapat cuti menjelang bebas (CMB) dari pihak Kementerian Hukum dan HAM.

Namun pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyesalkan pemberian CMB tersebut. Juru Bicara KPK menyebut, harusnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM tidak memberikan kelonggaran kepada terpidana korupsi, baik pemberian kelonggaran cuti, bebas bersyarat atau remisi.

"Kami berharap peraturan-peraturan yang memberikan kelonggaran cuti jelang bebas atau pembebasan bersyarat atau remisi terhadap terpidana kasus korupsi tidak perlu diberikan lagi," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/2017).

Andi diketahui divonis 4 tahun penjara serta denda Rp200 juta oleh Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Andi pun mengajukan kasasi. Namun, Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukannya, dan tetap memvonis Andi dengan 4 tahun bui. Andi sendiri resmi ditahan oleh KPK sejak Kamis 17 Oktober 2013 pada proses penyidikan.

Kepala Lapas Sukamiskin, Dedi Handoko menyatakan bahwa pembebasan Andi sudah sesuai aturan dan merupakan hak yang dirinya miliki. "Ya sudah haknya," kata Dedi.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Publikasi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Syarpani menyebut, bebasnya Andi sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Syarat dan Tatacara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Dalam aturan tersebut, Cuti Menjelang Bebas adalah Program Pembinaan untuk mengintegrasikan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakan kedalam kehidupan masyarakat setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Terpidana kasus korupsi, yang mendapatkan CMB, sesuai dalam Pasal Pasal 61 harus sudah menjalani paling sedikit 2/3 masa pidana, dengan ketentuan 2/3 tersebut tidak kurang dari 9 bulan.

Kemudian berkelakuan baik paling sedikit 9 bulan, dihitung dari 2/3 masa pidana dan lama CMB sebesar remisi terakhir, paling lama 3 bulan. [ton]

Komentar

 
x