Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Mei 2017 | 00:29 WIB

Ini Cara Warga Cianjur Palsukan KTP

Oleh : - | Sabtu, 22 April 2017 | 02:07 WIB
Ini Cara Warga Cianjur Palsukan KTP
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Bisnis pemalsuan KTP yang dilakukan oleh tersangka berinisial FA (27) terbongkar setelah digerebek oleh polisi di kediamannya Gang Pangrango, Desa Sawah Gede, Kecamatan Cianjur.

Kepada polisi, tersangka mengaku menjalani bisnis pemalsuan KTP untuk menambah penghasilan. Adapun tarif yang dibandrol untuk pembuatan KTP sebesar Rp100 ribu. Sedangkan jika dilengkapi dengan Kartu Keluarga (KK) dibandrol Rp150 ribu.

pelaku hanya menjalankan aksinya setelah mendapat pesanan yang selanjutnya data pemesan dikirimkan melalui handphone. Oleh pelaku, data beserta foto pemesan dimasukkan ke dalam komputer.

"Setelah itu dia mengeprint dan keluar lembaran plastik berisi identitas pemesan yang siap ditempel pada blanko kosong KTP," kata, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus, Jumat (21/4/2017).

Pelaku menggunakan bahan KTP yang sudah kedaluwarsa, kemudian digosok dengan amplas dan dicampur air untuk menghilangkan data yang tertera. Lembaran plastik yang sudah diprint kemudian ditempel pada blanko yang sudah diamplas itu.

Yusri pun mengakui KTP buatan tersangka FA nyaris menyerupai yang asli. "Tetapi kalau KTP asli, kalau sudah lama warna birunya berkurang. Sedangkan yang palsu, birunya tidak hilang," jelasnya.

Dari kasus itu polisi menyita barang bukti berupa puluhan KTP palsu, komputer, printer, harddisk, kertas lapisan id card, gunting, amplas, dan blanko kartu keluarga. [ton]

Atas perbuatannya, tersangka mendekam di rumah tahanan Mapolda Jabar dan dijerat Pasal 263 KUHPidana tentang pemalsuan surat dengan ancaman hukuman hingga mencapai 6 tahun penjara. [ton]

Tags

 
x