Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 April 2017 | 04:36 WIB

Hari Kartini

Risma: Pulang ke Rumah, Saya Ibu Rumah Tangga

Oleh : - | Jumat, 21 April 2017 | 11:39 WIB
Risma: Pulang ke Rumah, Saya Ibu Rumah Tangga
Walikota perempuan pertama di Surabaya Tri Rismaharini - (Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Surabaya - Pemahaman tentang semangat Kartini tentu berbeda bagi setiap orang. Terlebih pada era modern, emansipasi wanita sudah tidak membutuhkan perjuangan lagi.

Jika dahulu Raden Ajeng Kartini getol memperjuangkan hak perempuan untuk dapat memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki yang ditandai dengan semangat emansipasi perempuan, saat ini tentu berbeda. Walikota perempuan pertama di Surabaya Tri Rismaharini memandang bahwa semangat Kartini saat ini adalah sikap menempatkan diri seorang wanita antara pekerjaan dan keluarga.

"Setinggi-tinggi jabatan wanita, ketika pulang ke rumah, dia bisa menempatkan dirinya sebagai ibu rumah tangga. Itu menurut saya. Jadi wanita itu harus bisa menempatkan diri," ujar Risma.

Risma mengatakan bahwa saat ini hak-hak perempuan yang dulu diperjuangkan oleh Kartini telah tercapai. Namun menurut Risma, wanita tak boleh lalai akan tugasnya di rumah.

Risma mencontohkan, dirinya ketika pulang ke rumah, juga beralih pekerjaan dari Walikota Surabaya yang memimpin warga, menjadi ibu rumah tangga.

"Aku nek nang omah, yo resik-resik, rek (Saya kalau di rumah, ya bersih-bersih, red)," bebernya.

Risma juga berpesan agar para wanita tidak lupa diri atas apa yang dicapainya di luar rumah. Jangan sampai jabatan membuatnya lupa akan posisinya sebagai ibu rumah tangga.

"Sebesar apapun pendapatan kita, setinggi apapun jabatan kita, kalau sudah di rumah ya kembali jadi ibu yang melayani suami serta anak. Contohe koyok aku, Walikota Suroboyo, mosok moleh nang omah tetep dadi Walikota, isok mlayu bojoku (masak pulang ke rumah tetap jadi walikota, bisa lari suami saya, red)," ujarnya berkelakar.

Risma berpesan agar para wanita tidak patah semangat untuk mengejar cita-cita, namun tetap menjadi ibu rumah tangga bagi keluarganya. [beritajatim]

Tag

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x