Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 April 2017 | 04:36 WIB

Selain Mata, Hidung Novel juga Terkena Air Keras

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 21 April 2017 | 09:42 WIB
Selain Mata, Hidung Novel juga Terkena Air Keras
Novel Baswedan - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bukan hanya dua mata penyidik senior KPK yang terkena air keras, hidungnya juga ikur terbakar. Hal itu diketahui setelah tim dokter salah satu rumah sakit di Singapura memeriksa bagian telinga, hidung, dan tenggorokan, Novel.

"Dilakukan pemeriksaan oleh dua dokter ahli yakni ahli mata dan THT. Kami dapat informasi ternyata efek air keras selain kena mata juga mengenai rongga hidung Novel," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Menurut Febri, luka itu berada di rongga hidung sebelah kanan serta bagian luar rongga mengalami luka bakar. Sementara untuk rongga hidung sebelah kiri mengalami luka bakar sampai ke bagian atas rongga hidung (dekat mata).

"Kami bersyukur efeknya tidak sampai saluran pernafasan," katanya.

Dalam kesempatan ini dia mengatakan mata kanan Novel sudah mulai membaik. Sepalut mata bagian putih juga sudah tumbuh baik gak dibutuhkan operasi. Hal ini membuat Novel sudah dapat melihat huruf dan angka, meski masih dalam ukuran seperti judul surat kabar oleh mata kanan.

Sementara bagian mata sebelah kiri masih kurang baik perkembangannya dibanding mata sebelah kanan. Jaringan sel kornea atau selaput berwarna hitam pun belum terlihat tanda-tanda mengalami pertumbuhan.

"Kemungkinan tindak lanjut dibicarakan seperti tunggu pertumbuhan alami. Itu salah satu alternatif yang dikatakan doker. Tentu butuh waktu, atau kedua dilakukan percepatan tindakan medis seperti penambahan membran untuk pancing pertumbuhan selaput mata, yang dapat diambil dari plasenta bayi, dan ketiga tindakan operasi apakah artificial operation ataupun operasi cangkok, meski tidak operasi cangkok berisiko besar tidak dapat diterima yang bersangkutan," ujar dia. [rok]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x