Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 12:49 WIB

Anies Gubernur, Demo Ormas Belum Tentu Redup

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 21 April 2017 | 07:02 WIB
Anies Gubernur, Demo Ormas Belum Tentu Redup
Pengamat Politik Petrus Salestinus - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik Petrus Salestinus menilai meski Anies Baswedan dan Sandiaga Uno nanti dilantik sebagai GUbernur dan Wakil Gubernur, aksi demo dari ormas dianggap belum akan redup.

"Demo-demo yang dilakukan oleh Ormas Ormas Islam radikal di Jakarta hanya bisa redup kalau penegakan hukumnya dilakukan secara konsisten, tidak boleh ada ruang kompromi atau tebang pilih," katanya kepada INILAHCOM, Kamis (20/4/2017).

Apalagi kata dia, Polri saat ini berada dalam posisi mendapatkan legitimasi publik, legitimasi politik disamping legitimasi hukum, sehingga ketika Polri bertindak sesuai koridor hukum, maka aksi-aksi kelompok garis keras bisa diredam.

"Jika kelompok ini berani menekan pemerintah pusat dengan cara-cara kekerasan maka akan berhadapan dengan TNI dan Polri sesuai dengan komitmen Kapolri dan Panglima TNI yang sudah berkali-kali kita dengarkan bersama," tandasnya.

Sebelumya, kemenangan Anies-Sandi versi hasil hitung cepat seluruh lembaga survei diperkirakan justru memberi angin segar kepada pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi. Maklum, sebelum dan saat kampanye Anies berhasil memanfaatkan serangan balik terhadap Ahok dengan mencari dukungan dari para ulama konservatif dan tokoh radikal pinggiran yang menentang Gubernur Jakarta dipimpin non-muslim.

Setelah kekalahan Ahok atas Anies kemungkinan besar demo-demo untuk menganggu pemerintah pusat bakal meredup dan Jokowi bisa menjalankan pemerintahannya dengan lebih enak.

Hanya saja, kekalahan Ahok ditengarai akan semakin memberanikan kelompok-kelompok garis keras untuk memberikan tekanan lebih lanjut di Jakarta dan pemerintah pusat untuk mewujudkan agenda ultrakonservatif. [hpy]

 
x