Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 00:36 WIB

Kasus Penembakan, Polisi Dinilai Terlalu Reaktif

Oleh : Ade Dani Setiawan | Kamis, 20 April 2017 | 23:21 WIB
Kasus Penembakan, Polisi Dinilai Terlalu Reaktif
Pengamat Kepolisian, Bambang Widodo Umar - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Kepolisian, Bambang Widodo Umar menilai insiden penembakan satu keluarga di dalam mobil Honda City di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan oleh polisi membuktikan ketidakprofesionalan saat bertugas.

"Itu kan terlalu cepat dia mengambil kesimpulan apakah itu perampok atau bukan. Padahal kan itu orang mau kondangan, kemudian ada pelanggaran lalu lintas, namun polisi terlalu reaktif sampai nembak," ujar Bambang saat dihubungi wartawan, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya, sebagai aparat yang berkewajiban menjaga ketentraman dalam bermasyarakat dan bernegara, polisi tidak boleh asal mengambil tindakan.

"Polisi itu boleh nembak, kalau jiwanya terancam. Kalau enggak terancam, ya enggak boleh dilawan. Kalau orang lari ya enggak boleh dilawan," ungkapnya.

Diketahui, peristiwa itu terjadi pada Selasa (18/4/2017) lalu di pertigaan Jalan Fatmawati, Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, Lubuklinggau, Sumsel. Saat itu, anggota tengah melaksanakan Operasi Cipta Kondisi di lokasi.

Mobil Honda City warna hitam berisikan 8 orang warga sipil melintas di lokasi. Hasil pengecekan, mobil bernopol BG 1488 ON tersebut tidak terdaftar di Samsat.

Mobil melintas dari Curup menuju Muara Beliti dan ketika hendak diberhentikan, sopir tidak mau berhenti dan mencoba menabarak anggota yang sedang melakukan razia. Melihat gelagat yang tidak baik tersebut, anggota mengambil inisiatif untuk mengejar.

Setibanya di Jl SMB II Kelurahan Margamulya, ada anggota Polres Lubuk Linggau yang mengejar dan menembak sebanyak 10 kali. Setelah diberondong tembakan, polisi kemudian mengecek dan terdapat 6 orang yang tertembak.

Satu orang dilaporkan tewas akibat tembakan tersebut. Dari enam orang yang tertembak, ada anak usia 2 tahun yang tertembak di bagian kepala. [ton]

Komentar

 
x