Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 April 2017 | 04:34 WIB

Jokowi Ingin Jambi Kembangkan Hilirisasi Industri

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 20 April 2017 | 16:32 WIB
Jokowi Ingin Jambi Kembangkan Hilirisasi Industri
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Jambi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).

Melalui pembukaannya, Jokowi menegaskan perlunya memanfaatkan momentum peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jambi yang mulai meningkat kembali pada tahun 2016.

"Tahun 2016 yang lalu, ekonomi di provinsi Jambi tumbuh 4,37 persen. Saya meyakini tahun 2017 ini dan tahun-tahun mendatang ekonomi di Jambi akan bisa tumbuh lebih tinggi secara berkelanjutan," ujar Jokowi.

Kepala Negara mengungkapkan, berdasarkan data yang dimilikinya menunjukkan bahwa ekonomi di Jambi selama ini ditopang oleh sektor pertanian, kehutanan, perikanan kemudian diikuti sektor perdagangan.

"Untuk mendukung produktivitas sektor pertanian, saya minta disiapkan infrastruktur pendukungnya. Baik infrastruktur bendungan, irigasi, pupuk serta peningkatan teknologi pertanian," ucapnya.

Diluar itu, untuk meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian daerah maka perlu segera dikembangkan proses hilirisasi industri.

"Dengan hilirisasi ini, maka sektor pertanian yang menjadi unggulan daerah bisa terhubung dengan pengembangan industri pengolahannya. Sehingga diharapkan bukan hanya mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi ketimpangan pendapatan yang ada," paparnya.

Lebih jauh, Jokowi juga meminta agar proses distribusi hasil pertanian dan olahannya menjadi perhatian pemerintah dan semua pihak.

Dengan demikian, konektivitas antar wilayah, terutama kawasan produksi ke lainnya perlu segera disambungkan, sehingga produk pertanian dan olahan dari Provinsi Jambi semakin kompetitif.

"Saya juga minta dilaporkan mengenai progress pembangunan infrastruktur transportasi di provinsi Jambi, baik bandara atau kereta api, akses jalan dan pelabuhannya," imbuhnya. [ton]

Tag

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x