Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 21:58 WIB

Ahok Dituntut 1 Tahun, Pengamat: Apa Masuk Akal?

Oleh : Willi Nafie | Kamis, 20 April 2017 | 16:11 WIB
Ahok Dituntut 1 Tahun, Pengamat: Apa Masuk Akal?
Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama mengikuti sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta - (Foto: Inilahcom/Pool/Miftahulhayat)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Hakim perkara kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diharapkan menggali lebih jauh bukti materil yang disampaikan oleh tim kuasa hukum Ahok.

Pasalnya, tuntutan JPU, satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun dalam kasus dugaan penodaan agama terhadap Ahok dinilai tidak masuk akal.

"Hakim coba menggali lebih jauh apa ini (tuntutan JPU kepada Ahok) masuk akal ? karena tuntutannya jaksa itu kabur," kata Pengamat Hukum Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Servas Manek, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (20/4/2017).

Di samping itu, tuntutan yang dilayangkan JPU terhadap Ahok pun sangat merugikan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Pasalnya Ahok dituntut tanpa adanya bukti yang tepat sesuai dengan ketentuan hukum.

"Tuntutan 1 satu tahun ini merugikan ahok. Seharusnya bebas murni, karena tidak ada niat dan tidak terbukti," tuturnya.

Sebelumnya, Ahok dituntut satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun atas kasus dugaan penodaan agama. Tuntutan tersebut dibacakan oleh JPU dalam sidang ke-19 yang digelar Pengadilan Jakarta Utara di auditorium Kementrian Pertanian (Kementan), Kamis (20/4/2017). [ton]

Komentar

 
x