Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 15:09 WIB

Jokowi Minta DIY Bangun Infrastruktur Sosbud

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 20 April 2017 | 15:31 WIB
Jokowi Minta DIY Bangun Infrastruktur Sosbud
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).

Melalui sambutannya, Jokowi menegaskan sekaligus mengingatkan bahwa fase-fase transformasi struktural perekonomian sebuah daerah di setiap provinsi memiliki rute yang berbeda-beda.

"Daerah-daerah yang kaya sumber daya alam harus mulai bergerak dari hanya semata-mata mengandalkan komoditas bahan mentah ke sektor industri pengolahan," ujar Jokowi.

Sedangkan, lanjut Presiden RI, daerah-daerah yang tidak memiliki sumber daya alam yang berlimpah seperti di Yogyakarta harus mulai fokus untuk mengembangkan sektor industri yang berbasis non sumber daya alam, seperti industri jasa dan kreatif.

"Saya yakin di masa yang akan datang, sektor industri jasa dan kreatif juga akan bisa menghasilkan lompatan kemajuan bagi perekonomian daerah karena sektor ini lebih mengandalkan inovasi teknologi," tuturnya.

Lebih jauh, Kepala Negara juga meminta pemerintah DIY lebih memberikan perhatian khusus untuk pengembangan industri jasa, pariwisata maupun industri kreatif yang berpotensi sangat besar di daerah tersebut.

"Kunci keberhasilan dari pengembangan industri jasa pariwisata dan industri kreatif adalah keberanian kita untuk melakukan investasi pada penyiapan sumber daya manusia," ucapnya.

Disamping itu, investasi budaya serta penguatan aksesibilitas juga perlu dilakukan oleh pemerintah provinsi setempat.

"Jadi, kita tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tapi juga membangun infrastruktur sosial dan budaya," tandasnya. [ton]

Tags

Komentar

 
x