Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Mei 2017 | 07:18 WIB

Pence Akui Terkesan Penyambutan Jokowi di Istana

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 20 April 2017 | 13:46 WIB
Pence Akui Terkesan Penyambutan Jokowi di Istana
Wakil Presiden AS Michael Richard Pence (Mike Pence) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Presiden AS Michael Richard Pence (Mike Pence) mengaku terkesan dengan sambutan yang disuguhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kedatangannya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017) pagi.

Wapres Pence didampingi istri dan kedua putrinya disambut anak-anak berpakaian daerah di halaman depan istana.

Ia menilai sambutan itu menunjukkan keramahtamahan Jokowi sebagai tuan rumah dengan menampilkan penyambutan yang penuh warna.

"Terima kasih kepada Presiden Widodo sebagai tuan rumah hari ini. Terima kasih atas keramahtamahannya terhadap keluarga saya. Penyambutan yang luar biasa dan berwarna warni kami dapatkan dari anak-anak pagi ini. Ini akan menjadi memori sepanjang hayat," ujar Pence saat memberikan pernyataan pers di Credential Room Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).

Pence menuturkan kunjungan perdananya ke Indonesia pada hari ini merupakan sesuatu yang istimewa baginya.

"Ini adalah kesempatan yang istimewa bagi saya, berada di sini, di Indonesia. Ini Kunjungan saya yang pertama ke Indonesia untuk merepresentasikan Presiden AS Donald Trump. Saya menjadi orang pertama di kabinet Trump yang berkunjung ke Asia Tenggara dan mengirim saya ke mari," katanya.

Adapun alasan Trump mengutusnya untuk berkunjung ke Indonesia sebagai simbol penghargaan yang tinggi dari AS atas kemitraan strategis.

"Sebagai negara demokrasi kedua dan ketiga terbesar di dunia, kedua negara saling berbagi banyak common values. Termasuk kebebasan, aturan hukum, HAM dan keberagaman yang religius. AS bangga bisa berpartner dengan Indonesia. Untuk mempromosikan dan melindungi nilai-nilai ini, yakni hak-hak setiap orang," paparnya.

Ia mengaku berdiskusi bersama Jokowi menyangkut hubungan antara Presiden Trump dan Indonesia.

"Kedua belah pihak akan bekerja secara lebih dekat dan bersama-sama untuk keuntungan bersama antara kedua negara kita. rakyat kita dan benefit bagi Asia Tenggara secara keseluruhan," imbuhnya.

Di bidang ekonomi, Pence menjelaskan bahwa Trump mengirimkan pesan tentang hubungan komersial yang baik antara AS dengan Indonesia.

"Presiden mengatakan, kita akan melihatnya lebih jauh dan berkesinambungan. Amerika juga bangga bisa mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia," ucapnya.

Wapres negara adidaya ini pun meyakini bahwa kedua negara masih memiliki kesempatan untuk mengembangkan hubungan perdagangan, di bawah kepemimpinan Presiden Trump secara bebas dan adil.

"Ini demi penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pertumbuhan ekonomi bagi kedua belah pihak. Sebagaimana disampaikan Presiden Widodo, kita mencari hubungan yang win-win, menang-menang," tuturnya.

Pence optimistis bahwa hal ini bisa dicapai dan diharapkan ini bisa menjadi azas bersama antara masing-masing negara.

Usai menggelar sesi pernyataan bersama, Jokowi mengajak Pence untuk menikmati sajian hiburan kebudayaan Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Di sana Pence beserta keluarga disajikan pertunjukan tari Pendet khas Bali untuk menemani makan siang. Setelah menyelesaikan kegiatan di Istana, Pence menemui Wapres Jusuf Kalla untuk meneken kerjasama bilateral. [rok]

Tags

 
Embed Widget

x