Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 08:35 WIB

17 Tahanan Kabur Pakai Gergaji Kecil

Oleh : - | Rabu, 19 April 2017 | 14:46 WIB
17 Tahanan Kabur Pakai Gergaji Kecil
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Malang - Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin langsung menggelar jumpa pers terkait 17 tahanan Polres Malang yang kabur dari penjara, Rabu (19/4/2017) dini hari tadi. Pada awak media, Kapolda Jatim memastikan kaburnya 17 tahanan akibat kapasitas di dalam penjara Polres Malang sudah over load.

"Yang pasti jumlah tahanan sudah over capacity. Kasihan ini sebenarnya. Idealnya dalam penjara hanya 60 orang, tapi ini jumlah tahanannya di atas 100 orang," tegas Kapolda Jatim.

Atas peristiwa ini, pihaknya sudah menurunkan tim dari Propam dan Irwasda apa yang sebenarnya terjadi di Polres Malang. Kapolda menilai, jumlah tahanan tidak layak.

"Mau kita titipkan ke LP kalau tidak P21 (berkas sempurna-red), pihak LP juga gak mau. Makanya kita kejar terus agar P21 untuk mengurangi jumlah tahanan," tuturnya.

Irjen Machfud Arifin melanjutkan, melihat kondisi bangunan di dalam penjara Polres Malang, struktur bangunan sudah sangat lama. "Saya minta Kapolres untuk dibenahi. Agar pengawasan penjara bisa dilihat dari luar dan penjagaan," paparnya.

Saat ditanya alat yang dipakai 17 tahanan kabur? Kapolda memastikan para pelaku yang melarikan diri dari dalam tahanan Polres Malang menggunakan gergaji kecil. "Mereka menggunakan gergaji kecil. Memotong bagian atap," bebernya.

Dari mana gergaji itu diperoleh? "Ini yang akan kita selidiki, kita bentuk tim, kok bisa masuk gergaji," pungkasnya. [beritajatim]

 
x