Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 00:40 WIB

Kapolri: Jangan jadikan Survei Sebagai Acuan

Oleh : Willi Nafie | Selasa, 18 April 2017 | 17:21 WIB
Kapolri: Jangan jadikan Survei Sebagai Acuan
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghimbau seluruh masyarakat memahami dengan cermat makna survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei dan jangan menjadikan acuan.

"Saya menghimbau, tolong pahami betul makna survei, saya yakin survei banyak, ada yang menangkan pasangan ini, ada yang menangkan pasangan itu, survei itu jangan sampai jadi pegangan, silahkan tanya ahlinya, survei yang sebelum election, pilkada, tidak bisa dijadikan pegangan yang akurat,'' kata Tito di Gedung Mabes Polri, Selasa (18/4/2017).

Tito menambahkan sebaiknya masyarakat mengandalkan mekanisme penghitungan suara yang sah dari instansi yang berwenang yakni, KPU.

''Kita lihat pengalaman beberapa banyak survei tidak tepat. Seperti putaran pertama ada yang tidak tepat. Seperti survei pemilihan gubernur lalu ada yang tidak tepat. Jadi sekali lagi jangan berpegangan ke survei, apalagi mengklaim bahwa survei itu benar,'' ucapnya.

Tito mengatakan, masyarakat harus bisa berdemokrasi, sehingga jika ada yang tidak sesuai bisa mengajukan keberatannya lewat wadah yang telah disediakan.

''Karena itulah yang perlu kita jaga. TNI, Polri akan menjaga supaya tidak terjadi penyimpangan. Kalau ada penyimpangan, ada dugaan penyimpangan ada mekanisme lagi. yaitu gugatan PKPU ke MK. Jadi kita ikuti aturan hukum yang berlaku," katanya.[jat]

Komentar

 
x