Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 05:24 WIB

Ini Keuntungan Ganjil-Genap Diterapkan Saat Mudik

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 17 April 2017 | 07:00 WIB
Ini Keuntungan Ganjil-Genap Diterapkan Saat Mudik
Pengamat transportasi Darmaningtyas - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat transportasi Darmaningtyas menilai, jika kebijakan ganjil genap diterapkan saat musim mudik lebaran, maka dapat mengurangi 40 persen volume kendaraan, sehingga kemacetan dapat diurai.

"Pasti ada pengurangan sekitar 40 persen, karena nomor ganjil genap kan berbeda, kita anggap berkurang 40 persen," kata Darmaningtyas kepada INILAHCOM, Minggu (16/4/2017).

Meskipun begitu, jika kebijakan itu diterapkan, Darmaningtyas menilai tidak akan efektif dan justru akan membuat pemudik kehilangan hari libur, jika tanggal hari libur tidak sama dengan plat nomor kendaraan.

Dia pun menyarankan agar pemerintah memaksimalkan angkutan-angkutan umum yang layak digunakan.

"Saya kira harus disiapkan angkutan umum yang baik, AKAP maupun angkutan di desa-desa, daerah-daerah, sehingga orang tidak bawa kendaraan pribadi," tuturnya.

Sebelumnya, aturan ganjil genap diklaim dapat mengurai kemacetan lalu lintas. Muncul wacana agar aturan itu dapat dipakai pada musim mudik lebaran. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Perhubungan masih mengkaji apakah aturan ganjil genap efektif untuk mengurangi kemacetan pada musim mudik lebaran. [fad]

Komentar

 
x