Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:09 WIB

Pungli, 2 PNS Pemkab Bangkalan Ditangkap

Oleh : - | Rabu, 12 April 2017 | 11:18 WIB
Pungli, 2 PNS Pemkab Bangkalan Ditangkap
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Bangkalan - Dua orang PNS kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kabupaten Bangkalan, yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli ternyata Kepala Bidang (Kabid) penyelenggaraan pelayanan Perijinan, inisial AFT (41) dan AHC (32).

Keduanya PNS itu ditangkap di ruang kerjanya saat menerima uang bersifat pungutan liar (pungli) dari salah satu karyawan pengembang properti di Daerah Mlajah, Selasa (11/4/2017).

Informasi yang berhasil diperoleh, para tersangka itu meminta uang kepada devaloper sebesar Rp 40 ribu per lembar dari 126 lembar atas legalisir Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang seharusnya diberikan secara gratis oleh pihak kantor dinas tersebut. Sehinga total uang yang diterima tersangka sebesar Rp 5.050.000.

"Uang yang diberikan kepada para PNS itu untuk biaya legalisir surat IMB," terang Kasat Reskrim Polres Bangkalan AKP Anton Widodo.

Sebelum dilakukan operasi tangkap tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli, salah satu pegawai PT perusahan pengembang properti di Bangkalan mendatangi dinas tersebut untuk meminta legalisir IMB. Sebelum legalisir IMB diberikan, pengembang harus membayar uang kepada pelaku.

"Tersangka dijerat pasal 12 E undang-undang 31 tahun1999 yang diubah nomor 20 tahun 2001 junto 55 ayat 1. Ancamannya minimal 4 tahun penjara," kata Anton. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
x