Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 20:36 WIB

DPR Minta Pemerintah Pecat Oknum Pungli Dana Haji

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 10 April 2017 | 09:42 WIB
DPR Minta Pemerintah Pecat Oknum Pungli Dana Haji
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid meminta pemerintah konsisten dan tidak hanya mengumbar janji dalam menindak tegas serta memberantas pungutan liar (pungli) terhadap perjalanan ibadah haji.

Menurut dia, pihaknya menyambut baik ketegasan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang akan memecat oknum pelaku pungli dalam rangkaian perjalanan ibadah haji. Namun, diharapkan itu bukan sekedar janji saja.

"Apalagi pencitraan tapi dilaksanakan dengan konsisten dan sungguh-sungguh, kami sambut baik rencana Menteri Agama untuk pecat oknum panitia dan seluruh elemen penyelenggara haji yang pungli," kata Sodik di Jakarta, Senin (10/4/2017).

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menjelaskan selain pemecatan oknum pelaku pungli, Menteri Lukman juga diminta untuk memberi sanksi kepada oknum yang mempersulit dan menghambat calon jamaah haji dalam menerima hak-haknya.

"Karena hal tersebut sebagaimana diatur dan dilindungi oleh UU Haji serta regulasi lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan sebagai wujud konsistensi dan kesungguhan tekadnya, maka Menteri Agama diminta untuk melakukan langkah-langkah sistimatis seperti mensosialisasikan hak-hak dan kewajiban jamaah secara berimbang, utuh dan transparan.

Kemudian, kata Sodik, mensosialisasikan dan melaksanakan diklat kepada seluruh jajaran petugas tentang prinsip pelayanan prima bagi jamaah, regulasi haji berserta hak dan kewajiban petugas serta sanksinya, terutama jika melakukan pungli dan mempersulit jamaah.

"Membuka dan meningkatkan pos pengaduan haji, selama persiapan di tanah air dan pelaksanaan di tanah suci," jelas dia.

Selain itu, meningkatkan efektifitas sistem pengawasan untuk mencegah dan menemukan pelaku pungli dan pelaku persulitan hak jamaah. Terakhir, memberikan sanksi secara akurat, tepat dan cepat, tanpa harus menunggu selesainya perjalanan haji.

"Baik kepada pelaku pungli dan pemersulit haji untuk jadi peringatan dan perbaikan," tandasnya. [rok]

Tags

 
x