Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 10:58 WIB

Jokowi Diminta Tidak Bentuk Kabinet Poco-poco

Oleh : Happy Karundeng | Minggu, 9 April 2017 | 07:02 WIB
Jokowi Diminta Tidak Bentuk Kabinet Poco-poco
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik dari lembaga penelitian Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai jika wacana reshuffle kabinet kerja jilid III terlaksana, maka Presiden Joko Widodo kembali bertaruh nama besar.

"Reshuffle adalah pertaruhan yang nggak main-main bagi Presiden Jokowi. Jangan sampai sudah beberapa kali reshuffle namun tetap saja yang ada kabinet poco poco, maju mundur dan seterusnya," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (8/4/2017).

Menurutnya menteri juga harus lihai menbantu dan mensukseskan program pemerintahan Jokowi. Kalau Jokowi kembali salah menempatkan menteri atau memasukkan seorang menteri baru ke pos kabinet, justru akan jadi lebih bermasalah.

"Ngak boleh menteri hanya untuk ajang coba-coba. Memang harus diberikan pada yang lihai dan mahir serta punya jam terbang dan pengalaman tingkat tinggi. Kalau tidak maka akan terkesan Presiden Jokowi gagal sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara, citra presiden pasti bakal terganggu apabila menteri ngak punya kapabilitas, kredibilitas dan kapasitas," ulasnya.

Diberitakan sebelumhya, beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan mereshuffle atau memindahkan beberapa menteri di kabinet kerja. Reshuffle menteri jidi III dikabarkan akan dilakukan oleh Presiden Jokowi seusai pelaksanaan Pilkada serentak di tahun 2017 ini.

Beberapa menteri yang akan direshuffle oleh Presiden Jokowi ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia akan dipindah menjadi menteri Menteri Koordinator Perekonomian gantikan Darmin Nasution,

Selain itu nama Rini Soemarno juga belakangan disebut-sebut. Rini dikabarkan akan dipindah dari menteri BUMN menjadi Kepasa Staf Kepresidenan menggantikan posisi Teten Masduki.

Tak kalah menarik nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga terseret. Menteri Susi dikabarkan akan direshuffle Presiden Jokowi dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan dan belum diketahui akan ditempatkan di posisi apa. [hpy]

 
Embed Widget

x