Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 23:46 WIB

Jokowi Layak Cabut Menteri tak Paham Institusi

Oleh : Happy Karundeng | Minggu, 9 April 2017 | 06:03 WIB
Jokowi Layak Cabut Menteri tak Paham Institusi
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik dari lembaga penelitian Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago jika isu reshuffle bergulir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan Presiden Joko Widodo.

Yang paling penting adalah, reshuffle kabinet jangan dijadikan moment bagi-bagi kekuasaan.

"Perombakan kabinet jangan sampai hanya sekadar ajang bagi-bagi kekuasaan. Harus ada perubahan setelah reshuffle itu. Jadi bukan ajang gaya-gayaan saja, setelah itu (reshuffle) kinerja pemerintah tidak cepat, bahkan justru melempem. Presiden sepatutnya mencopot menteri yang memang tidak memahami institusi dan persoalan mendasar pemerintah," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (8/4/2017).


Menurutnya saat ini Indonesia memang membutuhkan menteri yang benar-benar kerja keras dan paham persoalan fundamental. Menteri yang tidak hanya jago pencitraan, tapi harus bantu Presiden dalam kondisi sulit seperti sekarang.

"Intinya, harus ada daya kejut apabila memang akan dilakukan reshuffle. Jangan hanya seremonial saja. Jangan sampai tidak ada perubahan mendasar. Kalau soal nama yang kena reshuffle hanya Tuhan dan Jokowi yang tahu," tegasnya.

Diberitakan sebelumhya, beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan mereshuffle atau memindahkan beberapa menteri di kabinet kerja. Reshuffle menteri jidi III dikabarkan akan dilakukan oleh Presiden Jokowi seusai pelaksanaan Pilkada serentak di tahun 2017 ini.

Beberapa menteri yang akan direshuffle oleh Presiden Jokowi ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia akan dipindah menjadi menteri Menteri Koordinator Perekonomian gantikan Darmin Nasution,

Selain itu nama Rini Soemarno juga belakangan disebut-sebut. Rini dikabarkan akan dipindah dari menteri BUMN menjadi Kepasa Staf Kepresidenan menggantikan posisi Teten Masduki.

Tak kalah menarik nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga terseret. Menteri Susi dikabarkan akan direshuffle Presiden Jokowi dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan dan belum diketahui akan ditempatkan di posisi apa. [hpy]

 
x