Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 20:36 WIB

Pengamat: Soal Reshuffle Jokowi Ibarat Sopir Bajaj

Oleh : Happy Karundeng | Minggu, 9 April 2017 | 05:04 WIB
Pengamat: Soal Reshuffle Jokowi Ibarat Sopir Bajaj
Pengamat politik dari lembaga penelitian Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago - (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik dari lembaga penelitian Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai reshuffle kabinet tetap harus berbasis kinerja bukan berbasis bagi-bagi kekuasaan semata. Presiden harus ingat prinsip 'the right man in the right place'.

"Sesuatu kalau tak diserahkan ke ahlinya maka yang ada yang selang sengkarut dan polemik, saya yakin mereka pasti gagal mengurai persoalan fundamental, menyelesaikan benang kusut di kementerian tersebut," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (8/4/2017)

Untuk persoalan reshuffle ini ia bahkan mengibaratkan Presiden Jokowididi sebagai seorang pengendara Bajaj yang memang keputusan politik dan pemerintahannya tidak diketahui orang lain.

"Mengibaratkan reshuffle layaknya sopir bajaj saat mengemudikan kendaraannya.
Sopir bajaj itu, kalau lagi jalan yang tahu belok ke kiri siapa? Dia dan Tuhan. Sama, ini juga. Yang tahu reshuffle, kapan waktunya hanya Presiden dan Tuhan," ulasnya.

Diberitakan sebelumhya, beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan mereshuffle atau memindahkan beberapa menteri di kabinet kerja. Reshuffle menteri jidi III dikabarkan akan dilakukan oleh Presiden Jokowi seusai pelaksanaan Pilkada serentak di tahun 2017 ini.

Beberapa menteri yang akan direshuffle oleh Presiden Jokowi ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia akan dipindah menjadi menteri Menteri Koordinator Perekonomian gantikan Darmin Nasution,

Selain itu nama Rini Soemarno juga belakangan disebut-sebut. Rini dikabarkan akan dipindah dari menteri BUMN menjadi Kepasa Staf Kepresidenan menggantikan posisi Teten Masduki.

Tak kalah menarik nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga terseret. Menteri Susi dikabarkan akan direshuffle Presiden Jokowi dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan dan belum diketahui akan ditempatkan di posisi apa. [hpy]

 
x