Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 16:52 WIB

SC 313 Tagih Janji Polisi Bebaskan Al Khaththath

Oleh : Willi Nafie | Senin, 3 April 2017 | 18:06 WIB
SC 313 Tagih Janji Polisi Bebaskan Al Khaththath
Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto sempat berjanji akan membebaskan Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath yang ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok pada Jumat (31/3/2017) lalu.

Saat dikonfirmasi ke Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan terkait pembebasan Al Khaththath, ia memastikan tidak bisa lantaran Al Khaththath sedang tersangkut permasalahan hukum. Namun, bakal dibebaskan apabila massa aksi 313 bubar pada pukul 17:00 WIB.

Hal ini disampaikan oleh Steering Committe (SC) Aksi 313, Usamah Hisyam saat memberikan penjelasan mengenai janji aparat dan pemerintah melepaskan Al Khaththath. "Saat itu Pak Wakapolda dan Direktur Intelkam bersumpah, katanya Wallahi akan membebaskan Al Khaththath jika massa bubar," tutur Usama, Senin (3/4/2017)

Kendati demikian, lanjut Usamah, hingga saat ini Al Khaththath masih ditahan bersama empat rekannya bahkan Polda Metro Jaya mengeluarkan surat penahanan sampai 20 hari ke depan.

Diketahui, Al Khaththath dan empat orang lainnya ditangkap aparat Polda Metro Jaya menjelang aksi damai 313 lalu atas dugaan makar.

Keempat nama itu yakni Zainudin Arsyad, Irwansyah, Dikho Nugraha dan Andre. Zainudin diketahui bagian dari Gerakan Mahasiswa Pelajar Bela Bangsa dan Rakyat (GMPBBR).

Sementara, Irwansyah merupakan Wakil Koordinator lapangan aksi 313. Dikho dan Andre diketahui bagian dari Forum Syuhada Indonesia (FSI). Mereka kemudian ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. [ton]

 
x