Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 18:16 WIB

Penyelundup Ribuan Lobster Diciduk Petugas Bandara

Oleh : - | Senin, 3 April 2017 | 15:10 WIB
Penyelundup Ribuan Lobster Diciduk Petugas Bandara
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Sidoarjo - Petugas keamanan Bandara Internasional Juanda, Jawa Timur berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan bibit biota laut yang akan dibawa ke Batam, Senin (3/4/2017).

Dilaporkan, biota laut yang akan diselundupkan itu berjumlah sekitars 7.800 ekor bibit lobster jenis mutiara dan pasir.

Upaya penyelundupan ini terbongkar berawal dari kecurigaan petugas keamanan terhadap salah satu tas koper milik penumpang pesawat Citylink dengan Nomor Penerbangan QG 923 tujuan Surabaya-Batam.

Saat penumpang asal Bandung, Jawa Barat yang diketahui bernama Harsono (35) memasuki pintu X-Ray, petugas mencurigai adanyas sebuah kemasan berbahan kain serabut basah berada di dalam tas koper tersebut.

Hingga usai dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa kemasan yang dicurigai tersebut berisi bibit udang lobster.

Danlanud Juanda, Kolonel Laut Edwin mengungkapkan penyelundupan bibit lobster ini sudah beberapa kali terjadi di bandara tersebut dan sejauh ini berhasil digagalkan.
"Penyelundupannya sama, dan modusnya pun hampir sama dengan minggu sebelumnya," katanya.

Sementara itu, pada penyelundupan ini, berdasarkan pengakuan pelaku bahwa dirinya hanya di titipi salah satu temannya yang bernama Agus.

Agus merupakan warga Surabaya yang kini sudah ditetapkan sebagai DPO. Pelaku sengaja datang dari Bandung ke Surabaya untuk bertemu dengan Agus dan mengambil barang tersebut di salah satu masjid terdekat.

"Usai mengambil barang tersebut, rencananya pelaku akan menyelundupkan ribuan bibit lobster ke Batam. Kasus ini akan dikembangkan untuk mengungkap pelaku lainnya," imbuh Edwin.

Adapun berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, di dalam tas koper terdapat 7.800 bibit lobster yang terbagi 13 kantung yang di dalamnya masing-masing berisi 6 ribu bibit.

Selain itu, di dalam tas koper, petugas juga mendapati tumpukan celana yang sengaja disusun untuk mengelabuhi petugas pemeriksaan. [beritajatim]

Komentar

 
x