Find and Follow Us

Senin, 20 Januari 2020 | 17:49 WIB

Khatibul Pakai Duit e-KTP untuk Suksesi GP Anshor

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 3 April 2017 | 13:49 WIB
Khatibul Pakai Duit e-KTP untuk Suksesi GP Anshor
Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) M. Nazaruddin - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Demokrat Khatibul Umam Wiranu disebut juga ikut kecipratan uang hasil korupsi proyek e-KTP. Politikus Demokrat disebut menerima uang hasil korupsi e-KTP senilai USD 400 ribu.

Demikian disampaikan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) M. Nazaruddin saat bersaksi untuk terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (3/4/2017).

Menurut Nazar, uang diberikan ke Khatibul pada saat ingin maju dalam pencalonannya sebagai Ketua GP Anshor. Uang itu, lanjut Nazar, digunakan oleh Khatibul sebagai dana suksesi pencalonannya.

"Khatibul Umam waktu itu mau maju jadi Ketum GP Anshor, waktu itu ada penyerahan 500.000 dollar AS ke Fraksi. Lalu diberikan kepada Khatibul 400.000 dollar AS," kata Nazaruddin di hadapan majelis hakim.

Nazar menceritakan, uang itu diberikan ke Khatibul di Surabaya, Jawa Timur. Uang itu diserahkan. melalui staf Permai Grup. Nazar mengatakan, saat itu ia sedang mengikuti Musyawarah Daerah Partai Demokrat di Bali. Ia sedang bersama Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

"Saya bilang, ini kemungkinan Khatibul enggak menang. Waktu itu juga sudah dikasi 50.000 dollar AS," kata Nazaruddin.

Nazar yakin Khatibul terima uang itu karena malam hari setelah penyerahan uang, dia menghubungi Khatibul dan mengonfirmasi penerimaan uang tersebut. Bahkan, Nazar pernah menyinggung soal uang tersebut kepada Khatibul dan Anas saat ketiganya berada di ruang Fraksi Partai Demokrat.

"Waktu dia kalah, dipanggil sama Mas Anas ke ruang Fraksi. Lalu, karena kalah, saya bilang pulangin setengah dong uangnya, tapi dia bilang sudah habis," kata Nazar sembari menirukan obrolannya dengan Khatibul. [rok]

Komentar

x