Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 03:12 WIB

Nazar: Anas Bahas e-KTP di Ruang Fraksi

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 3 April 2017 | 12:58 WIB
Nazar: Anas Bahas e-KTP di Ruang Fraksi
Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) M. Nazaruddin - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) M. Nazaruddin menyebut Anas Urbaningrum pernah membahas proyek e-KTP bersama Andi Agus alias Andi Narogong di ruang Fraksi Partai Demokrat.

Pertemuan itu terjadi lantaran ada laporan dari kader Demokrat di Komisi II DPR RI, yakni Ignatius Mulyono dan Mustoko Weni. Anas, kata Nazar, meminta kedua kadernya menceritakan mengenai proyek e-KTP.

"Mereka menceritakan proyek e-KTP butuh anggaran Rp 6 triliun lebih," kata Nazaruddin di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat saat bersaksi untuk terdakwa Irman dan Sugiharto, Senin (3/4/2017).

Dalam pertemuan itu, Ignatius Mulyono dan Mustoko Weni menjelaskan bahwa akan ada pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong yang akan mengawal anggaran proyeke-KTP.

"Besoknya Andi dibawa ke ruang Fraksi Demokrat di lantai 9. Andi jelaskan bahwa dia sudah lama bekerja dengan Kemendagri, dia yakinkan Mas Anas bahwa dia sanggup untuk melaksanakan proyek, asal ada anggarannya," kata Nazar.

Menurut Nazar, pada akhirnya Anas Urbaningrum sepakat untuk mendukung disetujuinya anggaran proyek e-KTP. Anas meminta agar anggota Fraksi Demokrat yang bertugas di Badan Anggaran DPR RI untuk menyetujui anggaran e-KTP.

"Anas memerintahkan supaya program e-KTP didikung dicari pembahasannya. Setelah disepakati, nanti akan dikomunikasikan ke semua pimpinan Banggar," ujar Nazaruddin.

Dalam persidangan, dukungan anggaran e-KTP itu bukan hanya dari Demokrat, namun Partai Golkar yang saat itu Ketua Fraksinya Setya Novanto juga memberikan dukungan pada proyek e-KTP. [rok]

Komentar

x