Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 13:52 WIB

Banjir Lumpur Rendam Ratusan Rumah di Jember

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 2 April 2017 | 23:59 WIB
Banjir Lumpur Rendam Ratusan Rumah di Jember
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jember - Sebanyak 185 rumah warga Dusun Tunggangan, Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur terendam banjir lumpur akibat meluapnya aliran sungai di daerah itu, Minggu (2/4/2017) sore.

"Hujan deras yang mengguyur kawasan setempat selama beberapa jam yakni pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB menyebabkan air sungai setempat meluap dan kemungkinan banjir kiriman dari lereng Pegunungan Argopuro karena air banjir agak keruh kecoklatan," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Jember Heru Widagdo.

Banjir genangan yang disertai lumpur tersebut mencapai ketinggian dua meter pada beberapa titik lokasi, sehingga tim BPBD Jember menyiagakan dua perahu karet untuk mengevakuasi sejumlah warga yang terdampak banjir.

"Semua pihak dari perangkat desa, muspika, dan sukarelawan BPBD, TNI, Polri, dan masyarakat bergerak untuk kerja sama membantu korban yang terdampak banjir genangan yang disertai lumpur itu guna mencegah ada korban jiwa dalam kejadian bencana itu," tuturnya.

Ia menjelaskan sebagian warga yang rumahnya terendam mengungsi sementara ke rumah sanak saudaranya yang tidak terdampak banjir, namun di beberapa titik banjir sudah mulai surut perlahan-lahan.

"Warga yang rumahnya masih terendam banjir dengan ketinggian air cukup tinggi mengungsi ke rumah kerabatnya, namun sebagian warga juga sudah kembali ke rumahnya karena air berangsur-angsur surut," katanya.

Data sementara yang dihimpun BPBD Jember, rumah warga yang terdampak banjir genangan yang disertai lumpur di Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru tercatat 185 rumah dengan rincian RT 1 sebanyak 53 kepala keluarga, RT 2 tercatat 75 KK, dan RT 3 berjumlah 57 KK, serta dua ekor kambing mati terendam banjir.

 
x