Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 02:25 WIB

Dekan FMP Unhan Pimpin Delegasi RI di Jepang

Oleh : - | Rabu, 29 Maret 2017 | 23:30 WIB
Dekan FMP Unhan Pimpin Delegasi RI di Jepang
(Foto: maritimnews)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan, Laksda TNI Amarulla Octavian memimpin delegasi Republik Indonesia dalam kegiatan Tokyo Defense Forum ke-21 yang digelar Kementerian Pertahanan Jepang pada 27-30 Maret 2017.

Forum tahunan ini dihadiri oleh 26 negara dari berbagai belahan dunia ditambah 3 organisasi internasional, yakni Uni Eropa, ASEAN dan Palang Merah Internasional. Kemudian, forum dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pertahanan Jepang untuk Parlemen Bapak Kobayashi.

Pada kesempatan tersebut Dekan FMP menyampaikan pandangan Indonesia terkait topik dan tema forum dalam paparan berjudul 'Multilateral Cooperation on Peacekeeping and Peacebuilding'.

Paparan tersebut menekankan pentingnya Joint Pre-Deployment Training untuk pasukan perdamaian dari berbagai negara dalam melakukan harmonisasi Standard Operating Procedure (SOP) dan Rule of Engagement (ROE).

Octavian mengatakan pihaknya selalu mendukung pusat misi pemeliharaan perdamaian TNI (Tentara Nasional Indonesia) melalui peranan Pusat Studi Damai dan Resolusi Konlik dibawah Fakultas Keamanan Nasional.

"Selain berpartisipasi aktif dalam forum, maka delegasi Indonesia juga memenuhi undangan berbagai negara untuk melakukan bilateral meeting, seperti dengan tuan rumah Jepang, Korea Selatan, dan Perancis sekaligus multilateral meeting dengan 10 negara anggota ASEAN," katanya, Rabu (29/3/2017).

Menurut dia, peserta forum sebanyak 68 orang datang dari beragam institusi dalam komposisi para Perwira Tinggi militer dari ketiga angkatan dan pejabat tinggi kementerian. [ris]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x