Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 08:56 WIB

DPR Minta Pengawasan Haji 2017 Ditingkatkan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 24 Maret 2017 | 18:43 WIB
DPR Minta Pengawasan Haji 2017 Ditingkatkan
Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Sodik Mudjahid - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Sodik Mudjahid mengatakan pemerintah harus mengawasi peningkatan mutu pelayanan haji setelah disepakati biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2017 naik Rp 34.890.312 atau naik Rp250 ribu sejak tahun 2016.

"Komitmen DPR dan pemerintah, BPIH 2017 adalah untuk mutu pelayanan haji, tinggal bagaimana pelaksanaannya oleh pemerintah /Kemenag dan pengawasan oleh semua stakeholders haji," kata Sodik, Jumat (24/3/2017).

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menjelaskan BPIH 2017 bisa dikatakan biaya untuk mutu tinggi pelayanan jamaah haji Indonesia, beberapa elemen pelayanan dasar ditingkatkan seperti jumlah makan di Makkah, harga makan di Armina, frekuensi makan dan minum di bandara.

Kemudian, makan dan minum di setiap kedatangan dan keberangkatan, perbaikan semua tenda yang sudah dipakai puluhan tahun, penambahan AC di Armina, upgrade bus luar kota, penambahan jumlah armada bus dan frekuensi bus maktab masjid, jarak dan kuliatas pondokan.

"Selain itu, posko keamananan di jalur jumroh, ruang konsolidasi jamaah di bandara, penambahan anggaran manasik, penyelenggaraan diklat khusus karu dan karom sampai alas serta pelindung waktu mabit di muzdalifah dan ainnya," ujarnya.

Menurut dia, jamaah selain dipersilakan menikmati layanan tersebut juga diminta sekaligus mengawasi mutu pelayanan dengan menyampaikan laporan kepada anggota dewan.

"Kami minta semua stakeholder haji untuk melakukan pengawasan melengkapi pengawasan yang dilakukan oleh institusi pemerintah," tandasnya. [ton]

Tags

 
Embed Widget

x