Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 06:46 WIB

Penyebar Kabar 'Hoax' Penculikan Anak Ditangkap

Oleh : - | Jumat, 24 Maret 2017 | 18:13 WIB
Penyebar Kabar 'Hoax' Penculikan Anak Ditangkap
Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Tinton Yudho - (Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Lumajang - Tim Cyber Satreskrim Polres Lumajang berhasil mengamankan seorang pemuda bernama Muhammad Fauzi warga Desa/Kecamatan Jatiroto yang menyebarkan berita bohong atau hoax.

Pelaku membuat status bertulisakan "Lurah Jatiroto menangkap penculik anak.." dengan disertai foto melalui akun facebooknya (Chaesang Pangarep).

Akibat ulah pelaku dengan nama akun mirip anak Bungsu Presiden Joko Widodo, masyarakat resah. Sebagian warga bahkan mendatangi kantor serta rumah Lurah Jatiroto.

"Kita langsung menelusuri identitas akun dan melacak secara digital," ungkap Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Tinton Yudho pada wartawan, Jumat (24/3/1017).

Dia mengatakan, pelaku yang sudah terlacak langsung ditangkap di rumahnya dan diselidik motifnya. "Pelaku mengaku iseng saja dan sudah membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi," terangnya.

Di hadapan wartawan, Fauzi mengaku menyesal dengan membuat status palsu di akun facebooknya. Dia juga mengajak masyarakat tidak meniru perilakunya yang merugikan masyarakat.

"Saya minta maaf sebesar-besarnya dan polisi tidak menahannya," ujarnya.

Setelah membuat surat pernyataan, dilakukan pembinaan di ruang penyidik Reskrim dan dipulangkan. "Pelaku tidak kita tahan, karena sudah mengakui dan tak mau mengulangi," papar Tinton.[beritajatim]

 
x