Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 01:54 WIB

Gerindra Duga Pabrik Semen Rembang Dipolitisasi

Oleh : - | Jumat, 24 Maret 2017 | 11:15 WIB
Gerindra Duga Pabrik Semen Rembang Dipolitisasi
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade mengkhawatirkan, pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang jadi korban kepentingan politik kalangan tertentu.

Dia menilai, proyek pemerintah yang telah menggelontorkan uang Rp 4 triliun itu juga bisa mensejahterakan masyarakat sana. Untuk itu, Andre menduga ada kepentingan politik disana.

"Jangan sampai pabrik semen Rembang dikorbankan karena kepentingan politik. Kami minta jangan ada politisasi, toh manfaat pabrik semen ini juga dirasakan oleh masyarakat," kata Andre, Jumat (24/3/2017).

Menurut dia, kekhawatiran sejumlah petani di Pegunungan Kendeng dengan keberadaan pabrik Semen Indonesia merusak lingkungan alasannya kurang tepat. Dimana sampai saat ini Semen Indonesia belum melakukan kegiatan apapun yang terkait penambangan.

Dia melanjutkan, sebelum adanya Semen Indonesia masuk ke sana, jauh sebelumnya juga sudah ada penambangan oleh beberapa perusahaan swasta. Mereka, kata dia, juga sudah mengantongi izin usaha penambangan (IUP).

Dalam kesempatan ini dia mengatakan bila Kawasan atau Zona Kendeng berada jauh dari Zona Rembang, tempat yang menjadi lokasi penambangan Semen Indonesia. Untuk itu, lanjut dia, seharusnya informasi ini diketahui masyarakat luas.

"Kami juga minta jangan ada pembelokan atau politisasi warga Kendeng," ujar dia.

Nah, terkait dengan adanya aksi cor kaki warga Pegunungan Kendeng menggunakan semen, dia meminta pihak kepolisian untuk menyelidiki aksi itu. Apakah aksi itu murni atau ditunggangi.

"Kami meminta Polri menyelidiki apakah benar isu yang berkembang," kata dia.

Termasuk kemungkinan adanya persaingan bisnis pabrik serupa di Pati. "Kami minta Presiden Jokowi untuk fokus bisa menyelamatkan investasi pemerintah di Rembang berikut efek pembangunan pabrik untuk kesejahteraan masyarakat," kata dia. [rok]

Tags

 
x