Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 03:34 WIB

Komunitas Lintas Iman Peringati Wafatnya KH Hasyim

Oleh : - | Rabu, 22 Maret 2017 | 20:11 WIB
Komunitas Lintas Iman Peringati Wafatnya KH Hasyim
Komunitas Lintas Iman Peringati Wafatnya KH Hasyim - (Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Jombang - Belasan aktivis perwakilan komunitas lintas iman Jombang memperingati tujuh hari wafatnya KH Hasyim Muzadi, Rabu (22/3/2017).

Peringatan yang dikemas dengan refleksi dan doa bersama itu digelar di gedung GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Jombang.

Aan Anshori, aktivis Jaringan GusDurian, dalam pengantarnya mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengenang mantan Ketua Umum PBNU, almarhum KH Hasyim Muzadi. Alasannya, Kiai Hasyim diakui sebagai tokoh yang menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama.

Pendeta Christian Musmanan dari Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jombang menyatakan, mantan Ketua Umum PBNU tersebut sosok penyejuk umat yang memiliki kedekatan dengan banyak orang. Ketokohannya pun tidak hanya diakui di dalam negeri, namun juga di kancah internasional.

Hal senada dilontarkan Achmad Sholeh, penginjil dari GKJW Jombang. Menurutnya, KH Hasyim merupakan sosok yang kerap memberikan solusi jika terjadi masalah dalam kerukunan antarumat.

"Kami sangat kehilangan dengan wafatnya KH Hasyim Muzadi. Saya terakhir ketemu beliau di Sidoarjo Agustus 2016. Saat itu digelar acara bedah buku. Kebetulan Kiai Hasyim sebagai narasumber," ujarnya.

Acara refleksi itu dipungkasi dengan doa bersama dan penyalaan lilin di dekat foto Kiai Hasyim. Belasan aktivis lintas iman itu mengelilingi foto tersebut. Mereka yang hasir berasal dari GKJW, INTI Jombang, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jombang, Jaringan GUSDURian, Infictus dan PMII Jombang.[beritajatim]

 
x