Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 23:16 WIB

Kasus Wali Kota Madiun Segera Disidangkan

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 21 Maret 2017 | 13:13 WIB
Kasus Wali Kota Madiun Segera Disidangkan
Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Berkas penyidikan Wali Kota Madiun nonaktif Bambang Irianto dinyatakan memasuki pelimpahan tahap dua alias P21 oleh penyidik KPK. Dengan begitu, tak lama lagi Bambang akan disidang untuk mendengarkan dakwaan jaksa KPK.

KPK merampungkan penyidikan tiga kasus yang menjerat Bambang sebagai tersangka. Ketiga kasus itu, yakni dugaan korupsi turut serta terkait pembangunan Pasar Besar Madiun, kasus penerimaan gratifikasi, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Dilimpahkan untuk tiga kasus yang disidik, yaitu indikasi turut serta dalam pengadaan atau pemborongan, gratifikasi dan TPPU," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (21/3/2017).

Berdasarkan UU Jaksa KPK memiliki waktu setidaknya 14 hari kerja untuk menyusun surat dakwaan terhadap Bambang. Surat dakwaan terhadap politikus Partai Demokrat itu nantinya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya untuk disidangkan.

Untuk kepentingan persidangan ini, penahanan Bambang dipindahkan ke Lapas Klas I Medaeng. "Siang ini rencana dibawa ke Surabaya untuk dipindahkan ke Lapas Medaeng. Rencana sidang akan dilakukan di Pengadilan Tipikor pada PN Surabaya," ujar Febri.

Bambang terlihat sumingrah setelan berkas penyidikannya dilimpahkan. Sambil terus tersenyum, Bambang melenggang keluar ruang pemeriksaan menuju mobil tahanan yang menunggunya di pelataran Gedung KPK.

"Iya (berkasnya) sudah P21 dan akan segera disidangkan," kata Bambang kepada awak media sembari merangsuk ke dalam mobil tahanan KPK. [rok]

Tags

 
x